Breaking News:

Berita Kediri Hari Ini

RS dan Fasilitas Kesehatan di Kota Kediri Siap Layani dan Rawat Ibu Hamil yang Terpapar Covid-19

RS di Kota Kediri siap melayani dan merawat ibu hamil yang positif covid-19

Penulis: Didik Mashudi | Editor: isy
RSUD Gambiran
ILustrasi - Petugas medis melakukan pemeriksaan kandungan ibu hamil di RSUD Gambiran Kota Kediri. RS di Kota Kediri siap melayani dan merawat ibu hamil yang positif covid-19 

Berita Kediri Hari Ini
Reporter: Didik Mashudi
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | KEDIRI - RSUD Gambiran Kota Kediri sebagai rumah sakit rujukan maternal Covid-19 se-eks Karesidenan Kediri menerima ibu hamil (bumil) yang terpapar covid baik untuk pemeriksaan hingga persalinan. 

Dokter jaga Poliklinik Obgyn RSUD Gambiran, Dokter Sutoko Andrianto SpOG, menjelaskan bagi ibu yang terpapar covid-19 dan melakukan pemeriksaan masih kami terima dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kami lakukan screening terlebih dahulu. Bahkan kami beranggapan selalu sedang berhadapan dengan suspect covid, sehingga kami selalu berwaspada,” ujar Sutoko, Selasa (10/8/2021).

Dijelaskan, ibu hamil memiliki potensi 40 persen lebih cepat terpapar Covid dan tidak bergejala. 

“Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang ada di dalam tubuhnya. Pada awalnya tubuh ibu menolak ketika ada janin di dalam kandungan. Namun dengan adanya perubahan hormon, tubuh ibu lebih adaptif. Sama halnya dengan virus yang masuk tubuh ibu hamil, tidak akan ada gejala,” ujar Sutoko.

Menurut data kunjungan ibu hamil di RSUD Gambiran per bulan Juli 2021 terdapat 95 kunjungan dengan 53 ibu hamil di antaranya merupakan suspect covid. 

Berkaitan dengan pelayanan bersalin, disampaikan khusus bagi suspect covid, RSUD Gambiran menyiapkan 2 ruang bersalin yang disediakan Hepa Filter.

“Ruang bersalin suspect covid diatur sedemikian rupa sehingga tidak ada aerosol atau partikel gelembung udara yang beredar di sana. Selain itu, tersedia 12 ruang isolasi khusus ibu hamil,” jelasnya. 

Selain RSUD Gambiran, beberapa rumah sakit ibu dan anak serta klinik rawat jalan bagi ibu hamil di Kota Kediri juga bersiap melayani ibu hamil terpapar covid, salah satunya RSIA Nirmala dan Klinik Utama Sayang Ibu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved