Breaking News:

TNI AD Hapus Tes Keperawanan Dalam Proses Rekrutmen Calon Prajurit Perempuan, ini Alasannya

TNI AD bakal menghapus aturan tes keperawanan atau pemeriksaan selaput dara dalam seleksi calon prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad)

Editor: eben haezer
Tribunnews.com/ Gita Irawan
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat konferensi pers 

SURYAMALANG - TNI AD bakal menghapus aturan tes keperawanan atau pemeriksaan himen atau selaput dara dalam seleksi calon prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, kebijakan itu dibuat berdasarkan evaluasi proses rekrutmen TNI AD yang digelar Mei 2021 silam.

"Soal himen atau selaput dara. Tadinya merupakan satu penilaian. Himennya utuh, himen ruptured (robek) sebagian atau ruptured sampai habis, sekarang tidak ada lagi penilaian itu," ujar Jenderal TNI Andika Perkasa seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (11/8/2021).

Dia menambahkan, juga tidak akan ada lagi pemeriksaan secara khusus di bagian dalam vagina dan serviks. Tetapi, pemeriksaan di bagian luar alat kelamin dan abdomen masih dilakukan dalam rangkaian tes kesehatan.

"Tidak ada lagi pemeriksaan inspeksi vagina dan serviks. Tapi pemeriksaan genitalia luar, abdomen, tetap," sambungnya.

Dia menegaskan tes kesehatan terhadap calon praurit sejatinya dilakukan agar mereka terhindar dari peristiwa yang berpotensi menghilangkan nyawa mereka. Selain itu juga untuk mencegah penularan penyakit di antara para prajurit yang mengikuti pendidikan dan pelatihan.

"Karena dalam pelatihan kan bersama-sama, bisa menularkan ke yang lain. Jangan sampai ada infeksi serius yang bisa menyebabkan kegagalan organ, karena ketika latihan akan ada pada kondisi fisik yang benar-benar mepet," ujar Andika.

Karena itu, tes yang berkaitan untuk mencapai tujuan ini diperberat. Sementara itu, tes yang tidak memiliki relevansi terhadap tujuan pun ditiadakan.

"Maka yang tidak ada lagi hubungannya tidak perlu lagi," pungkasnya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TNI AD Hapus Tes Keperawanan Calon Prajurit Perempuan"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved