Berita Malang Hari Ini

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto Lakukan Donor Plasma Konvalesen

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, menjadi pendonor plasma konvalesen.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: isy
Polresta Malang Kota
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto saat melaksanakan donor darah plasma konvalesen di Gedung DPRD Kota Malang, Kamis (12/8/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Kukuh Kurniawan

SURYAMALANG.COM, MALANG - Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, menjadi pendonor plasma konvalesen.

Kegiatan donor darah tersebut dilakukan di Gedung DPRD Kota Malang, Kamis (12/8/2021).

Dalam kegiatan tersebut, pria yang akrab disapa BuHer ini juga mengajak 57 anggotanya sebagai penyintas Covid 19 untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Saya ingin berbuat sesuatu bagi masyarakat Kota Malang dan Malang Raya. Saya harus ikut dalam donor plasma ini dan saya mengajak anggota Polresta yang sebagai penyintas untuk mau berbagi dalam hal donor plasma kepada saudara saudara kita dalam kondisi Covid 19," ujarnya kepada TribunJatim.com (grup SURYAMALANG.COM).

Apabila puluhan anggota Polresta Malang Kota yang mengikuti screening untuk bisa mendonorkan plasmanya, tidak lolos screening, dapat melakukan donor darah untuk langkah kemanusiaan.

"Ini untuk membantu warga sesama saudara kita dengan jalan kemanusiaan. Jika tidak lolos, minimal tetap dapat melaksanakan donor darah untuk langkah kegiatan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-76," terangnya.

Selain itu dalam kegiatan tersebut, juga ada jajaran anggota TNI dan sejumlah masyarakat yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Malang, Imam Bukhori mengungkapkan hingga saat ini, ada 310 orang yang inden untuk mendapatkan donor plasma konvalesen kepada PMI Kota Malang.

"Kalau sekarang yang inden 310 (orang), minim yang inden harus dilayani dulu. Kami punya daftar golongan darah, ya jadi kita urut," jelasnya.

Imam berharap kegiatan tersebut bisa meningkatkan jumlah pendonor plasma konvalesen yang saat ini masih sedikit.

"Kami berharap dengan kegiatan ini, bisa meningkatkan pendonor yang saat ini masih sedikit sekali. Pengambilan plasma sampai hari ini ada 1.462 pendonor, tapi yang bisa lolos itu 223 saja," ungkapnya.

Imam juga mengaku, jumlah permintaan plasma konvalesen setiap harinya masih terus meningkat.

"Kami juga melayani seluruh Indonesia. Kalau kita stok ada, ya kita kirim dengan boks khusus dengan suhu tertentu. Belum lagi yang nanti mendadak yang hari ini meminta. Jadi kan pasti bertambah terus (permintaan plasma konvalesen)," bebernya.

Dirinya juga menambahkan, yang bisa melakukan pengambilan plasma konvalesen di Jawa Timur hanya ada delapan wilayah, termasuk Kota Malang.

"Screening itu sangat ketat. Apalagi di Jawa Timur, PMI yang bisa mengambil itu hanya delapan wilayah yaitu Surabaya, Sidoarjo, Tuban, Gresik, Lumajang, Kota Malang, Kota Kediri sama Tulungagung, karena syaratnya harus sertifikat BPOM," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved