Breaking News:

Berita Kediri Hari Ini

Kelurahan Lirboyo Kota Kediri Lakukan Mikro Lockdown untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Petugas PPKM Mikro Kelurahan Lirboyo Kota Kediri gencar melakukan Testing, Tracing dan Treatment (3T)

Penulis: Didik Mashudi | Editor: isy
didik mashudi/suryamalang.com
Petugas PPKM Mikro Kelurahan Lirboyo melakukan micro lockdown di Gang V Kelurahan Lirboyo, Kota Kediri, Senin (16/8/2021). 

Berita Kediri Hari Ini
Reporter: Didik Mashudi
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | KEDIRI - Petugas PPKM Mikro Kelurahan Lirboyo Kota Kediri gencar melakukan Testing, Tracing dan Treatment (3T) menyusul ditemukan satu warga yang meninggal karena terkonfirmasi positif Covid-19.

Nanang Wahyono, Lurah Lirboyo menjelaskan petugas segera melakukan 3T untuk melacak persebaran Covid-19 di wilayahnya.

“Awalnya ada ketua RT yang sakit dan meninggal pada 8 Agustus 2021 lalu. Kemudian kami segera melakukan testing kepada semua warga di lingkungan RT 3 /RW 8,” ungkap Nanang Wahyono, Senin (16/8/2021).

Dijelaskan Nanang, testing dilakukan pada hari Selasa (10/8/2021) kepada warga di lingkungan tersebut. 

Total ada 64 orang yang dinilai kontak erat dengan almarhum yang diminta melakukan tes swab guna melacak penyebaran virus. 

“Alhamdulillah, para warga sangat mendukung upaya 3T ini, sehingga proses testing bisa berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Sementara dari hasil tracing ditemukan 7 dari 64 yang dinilai kontak erat telah terkonfirmasi positif. 

“Istri, dua anak, adik dan keponakan dari almarhum terkonfirmasi positif ditambah ada dua warga yang juga terkonfirmasi,” jelasnya.

Kebetulan memang rumahnya saling berdekatan sehingga kemungkinan untuk tertular juga besar terlebih juga terlibat kontak erat.

Selanjutnya Nanang memutuskan untuk melakukan karantina wilayah guna mengantisipasi penyebaran virus semakin meluas.

“Dari kriteria pelaksanaan karantina wilayah sudah memenuhi, sehingga bisa dilancarkan, awalnya warga menolak. Namun setelah mediasi dengan para tokoh masyarakat, akhirnya mulai Minggu (15/8/2021) Posko PPKM mikro kelurahan sudah didirikan di gang V,” jelasnya.

Sesuai rencana karantina wilayah skala mikro ini dilakukan selama 2 minggu sesuai masa isolasi terhitung dari pelaksanaan tes swab.

“Kemungkinan sampai tanggal 25 Agustus karantina sudah seusai, tergantung kondisi kesehatan dari warga yang menjalani isolasi,” pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved