Breaking News:

Pemkot Surabaya Bakal Kembali Terapkan Vaksinasi Door to Door Untuk Ibu Hamil

Pemkot Surabaya akan melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah atau door to door dan menyasar para ibu hamil.

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Vaksinasi covid-19 di Gedung Wanita Kalibokor Surabaya, Sabtu (21/8/2021).  

SURYAMALANG, SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal menjalankan vaksinasi dari rumah ke rumah (door to door). Vaksinasi ini akan menyasar para ibu hamil (bumil).

Kebijakan ini diambil setelah hasil evaluasi pelaksanaan vaksinasi massal dosis 1 kepada ibu hami, Kamis (19/8/2021) lalu. Berlangsung di Airlangga Convention Centre (ACC) Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, vaksinasi ini menyasar 800 jiwa. 

Padahal, yang seharusnya datang ada 1.000 ibu hamil. Sebanyak 200 ibu hamil tidak datang dengan berbagai alasan. 

"Sebagian yang tidak datang karena belum dapat izin dari suami. Terus kemudian masih ragu-ragu," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita. 

Karena itu, pihaknya bakal melakukan pendekatan kepada keluarga. Tujuannya, seluruh ibu hamil di Surabaya bersedia untuk divaksin Covid-19.

"Ini masih kita lakukan pendekatan, karena nanti bumil wajib melakukan vaksin seperti waktu kita mewajibkan mereka tes PCR," ungkap dia.

Termasuk dengan menerapkan vaksinasi door to door. Petugas akan mendatangi langsung rumah ibu hamil. 

Sebelumnya, metode serupa pernah dijalankan saat memberikan vaksinasi kepada lansia dan disabilitas. "Ketika mereka tidak bisa (datang), kami lakukan door to door," terangnya.

Vaksin diberikan kepada ibu hamil yang usia kehamilannya telah melewati 3 bulan pertama (trimester pertama). Pihaknya memastikan, vaksinasi kepada bumil tidak membahayakan bagi janin atau calon bayi.  

Feny mengingatkan, siapapun bisa tertular Covid-19. Termasuk, para ibu hamil. Karenanya, vaksinasi ini dinilainya penting untuk meningkatkan imun bagi ibu hamil. Apalagi, bumil juga tergolong rentan tertular Covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved