Breaking News:

Warga Desa di Klaten Tak Tahu di Bawah Tanah Mereka Tersembunyi Terowongan Kuno Era Belanda

"Awalnya warga tidak tahu kalau itu terowongan. Saat penggalian, alat berat mengikis struktur bebaguan yagn ternyata terowongan," kata Pj Kepala Desa

Editor: eben haezer
ist/tribun jogja-almurfi syofyan
Warga melihat terowongan kuno yang baru ditemukan saat dilakukan penggalian embung 

SURYAMALANG, KLATEN - Penggalian tanah untuk pembuatan embung desa di Dusun Samber, desa Sabranglor, kecamatan Trucuk, kabupaten Klaten, Jawa Tengah, berujung pada penemuan terowongan yang diduga dibuat di era penjajahan Belanda.

Penemuan terowongan itu berawal dari penggalian embung desa yang akan dibuat menjadi kolam pemancingan dan pusat kuliner.

Dikutip dari Tribun Jogja, struktur terowongan kuno itu ditemukan Rabu (27/8/2021) silam. Letaknya, dua meter di bawah jalan desa.

Struktur terowongan itu mempunyai lebar dan tinggi sekitar 2 meter. Di bagian tengah terowongan terdapat gundukan tanah yang sudah mengering.

"Awalnya warga tidak tahu kalau itu terowongan. Saat penggalian, alat berat mengikis struktur bebaguan yagn ternyata terowongan," kata Pj Kepala Desa Sabranglor, Budi Andriyanto.

Sejak penemuan terowongan, pekerjaan penggalian embung sementara dihentikan. Desa juga telah melaporkan penemuan itu ke instansi terkait untuk ditelusuri.

Budi mengatakan, warga tak ada yang menduga ada terowongan kuno yang membentang di bawah tanah di tengah perkampungan mereka.

"Kalau cerita dari orang tua dahulu, di sini sebagai sentra tanaman tembakau zaman Belanda, itu saja," sambungnya.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved