Breaking News:

Presiden Jokowi Diagendakan Resmikan Bendungan Bendo di Ponorogo

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Bendungan Bendo di Kecamatan Sawoo, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).

Editor: eben haezer
setkab.go.id
Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan bendungan Bendo di Ponorogo beberapa waktu silam. Presiden Jokowi juga akan meresmikan bendungan ini pekan mendatang 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

SURYAMALANG, PONOROGO - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Bendungan Bendo di Kecamatan Sawoo, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menyambut kedatangan orang nomor 1 di tanah air tersebut.

"Sudah hampir positif karena kita sudah berhari-hari koordinasi dengan Korem, Protokol Provinsi Jatim, dan Dandim 0802 Ponorogo," kata Sugiri, Minggu (5/9/2021).

Selain meresmikan Bendungan Bendo, Jokowi juga dijadwalkan meninjau langsung vaksinasi Covid-19 di salah satu Pondok Pesantren di Bumi Reog.

Sugiri sendiri optimis dengan adanya Bendungan Bendo bisa meningkatkan produktivitas petani Ponorogo.

"Bendungan Bendo ini tidak hanya sekadar menanggulangi banjir tapi ada 7 ribu hektar sawah yang awalnya tadah hujan menjadi sawah irigasi teknik," lanjut Sugiri.

Menurut Sugiri ketersediaan air menjadi hal yang sangat vital bagi petani untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen.

Sugiri menyebut saat ini produksi padi di Ponorogo sudah surplus 214 ribu ton per tahun.

"Dengan adanya waduk bendo ini tentu semakin mengintervensi nilai tukar tambah petani," lanjutnya.

Pekerjaan Bendungan Bendo sendiri dilaksanakan mulai tahun 2013 dengan biaya APBN sebesar Rp 1,072 triliun.

Kapasitas daya tampung Bendungan Bendo  mencapai 43,11 juta meter kubik dengan tinggi bendungan 71 m.

Bendungan Bendo juga diproyeksikan mampu memenuhi kebutuhan irigasi seluas 7.800 hektar, penyediaan air baku sebesar 370 liter per detik, dan mampu mereduksi banjir sebesar 420 meter kubik per detik detik menjadi 290 meter kubik per detik.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved