Sutradara Angga Sasongko Batalkan Distribusi Film Nussa Dengan TV yang Tayangkan Saipul Jamil

Angga Sasongko menyatakan menghentikan kesepakatan distribusi film Nussa dan Keluarga Cemara dengan stasiun televisi yang menayangkan Saipul Jamil

Editor: eben haezer
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Pedangdut Saipul Jamil mendapat sambutan luar biasa saat bebas dari penjara, Kamis, 2 September 2021 

SURYAMALANG, JAKARTA - Sutradara Angga Sasongko menyatakan menghentikan kesepakatan distribusi film Nussa dan Keluarga Cemara dengan stasiun televisi yang menayangkan Saipul Jamil.

Pernyataan itu dia umumkan mealui media sosial Twitter @anggasasongko.

"Menyikapi hadirnya Saiful Jamil di televisi dengan cara yang tidak menghormati korban, maka kami memberhentikan semua pembicaraan kesepakatan distribusi film Nussa & Keluarga Cemara dg stasiun TV terkait karena tidak berbagi nilai yang sama dengan karya kai yang ramah anak," tulis Angga Sasongko, Minggu (5/9/2021).

Angga mengatakan, keputusan ini dibuatnya sebagai kritik terhadap perilaku yang terkesan mengglorifikasi kebebasan pelaku kekerasan seksual pada anak. Seperti diketahui, Saipul Jamil memang baru saja bebas setelah menjalani masa hukuman karena dinyatakan bersalah melakukan kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur.

"Pemberitahuan ini dimaksudkan untuk mendukung gerakan yang melawan dirayakannya pelaku kekerasan seksual pada anak di media-media, serta menjadi kesadaran bersama pengingnya media-media yang menghargai anak-anak kita," ujarnya.

Selain itu, dia menganggap tampilnya Saipul Jamil di layar kaca tidak selaras dengan tayangan Nussa dan Keluarga Cemara yang memang terinspirasi dari anak-anak dan ditujukan kepada anak-anak. Maka dia menganggap wajar juka dirinya tak ingin berbagi platform dengan mereka yang tidak memiliki empati pada korban dan anak-anak.

Boikot Saipul Jamil

Seperti diberitakan, pedangdut Saipul Jamil mendapat sorotan setelah dinyatakan bebas pada Kamis (2/9/2021).

Pasalnya baru bebas dari penjara, kini muncul petisi boikot Saipul Jamil yang trending belum lama ini.

Petisi boikot mantan suami Dewi Perssik ini diunggah di laman change.org, Jumat (3/9/2021).

Hal itu bermula saat akun Lest Talk and enjoy dan ditujukan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Petisi tersebut menyoroti kasus Saipul Jamil pada 2016, yakni kasus pencabulan anak di bawah umur dan kasus suap.

Menurut akun yang memulai petisi ini, mantan narapidana pencabulan anak tak pantas hadir di televisi untuk konsumsi umum.

Sebab, korban mungkin masih bergumul dalam trauma dan rasa takutnya saat melihat pelaku berseliweran di TV.

“Masyarakat Indonesia dengan tegas MENOLAK!! Saipul Jamil mantan narapidana pencabulan anak diusia dini (pedofilia) untuk menculnya kembali ke dunia hiburan,” demikian keterangan dari petisi tersebut, dilansir dari Change.org, Sabtu (4/9/2021).

“Jangan biarkan mantan narapidana pencabulan anak diusia dini (pedofilia) masih berlalu-lalang dengan bahagia di dunia hiburan, sementara korbannya masih terus merasakan trauma,” sambungnya.

Baca juga: Curhat Saipul Jamil Terpuruk 5 Tahun di Penjara, Merasakan Takut Mati sampai Makan Ala Kadarnya

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved