Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Damkar Kota Malang Punya Alat Pemadam Kebakaran Roda Tiga

UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang memiliki unit kendaraan pemadam baru.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: isy
Kukuh Kurniawan/TribunJatim.com
Kepala UPT Damkar Kota Malang, Teguh Budi Wibowo, saat menunjukkan peralatan pemadam yang ada di motor roda tiga pemadam kebakaran, Rabu (8/9/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Kukuh Kurniawan

SURYAMALANG.COM, MALANG - UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang memiliki unit kendaraan pemadam baru.

Unit itu berupa sepeda motor roda tiga, dan memiliki mesin berkapasitas 200 cc.

Namun bukan sembarang motor roda tiga, karena kendaraan itu telah dilengkapi dengan berbagai peralatan pemadam.

Kendaraan tersebut dimodifikasi sedemikan rupa. Sehingga motor berwarna merah itu telah dibekali dengan tangki air berkapasitas 300 liter, pompa khusus untuk pemadaman kebakaran, dan selang sepanjang 20 meter.

"Unit baru ini telah datang di Mako UPT Damkar Kota Malang sejak dua bulan yang lalu. Kendaraan ini juga siap untuk digunakan," ujar Kepala UPT Damkar Kota Malang, Teguh Budi Wibowo kepada TribunJatim.com, Rabu (8/9/2021).

Dirinya menjelaskan, unit itu digunakan untuk proses pemadaman kebakaran di tempat-tempat sempit, seperti di gang-gang atau lokasi kebakaran yang sulit dijangkau oleh mobil pemadam.

"Apabila ada kebakaran di tempat sempit, unit ini yang pertama kali meluncur ke lokasi untuk melakukan penanganan awal. Bila air yang ada di tangkinya sudah habis, kita manfaatkan pompanya dan airnya disuplai dari mobil pemadam," jelasnya.

Selain itu, air yang ada di dalam tangki unit damkar tersebut juga dapat dimodifikasi, sehingga bisa memadamkan berbagai jenis kebakaran.

"Bila ada kebakaran yang disebabkan karena minyak, air di tangki unit itu bisa dicampur dengan busa khusus, sehingga efektif memadamkan kebakaran yang disebabkan karena minyak," terangnya.

Dirinya berharap dengan kehadiran unit motor pemadam itu, dapat membuat kerja UPT Damkar Kota Malang semakin efektif.

"Kami berharap kehadiran unit ini, dapat membuat kerja kami semakin efektif dalam menolong masyarakat.  Karena melalui unit ini, dapat mempercepat penanganan pemadaman kebakaran serta juga mempercepat waktu respons kami di lokasi kebakaran," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved