Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Plengsengan dan Rumah Rusak Setelah Hujan Melanda Kota Batu

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melaporkan, hujan juga disertai dengan angin kencang berlangsung sejak Sabtu sore hingga Minggu

Penulis: Benni Indo | Editor: Eko Darmoko
BPBD Kota Batu
Petugas BPBD Kota Batu berada di rumah warga yang rusak setelah hujan mengguyur kawasan Malang Raya pada Sabtu (11/9/2021). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Sebuah plengsengan berundak di Jalan Wukir RT 01 RW 04, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu ambrol setelah hujan mengguyur wilayah Malang Raya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melaporkan, hujan juga disertai dengan angin kencang berlangsung sejak Sabtu sore hingga Minggu dini hari.

Berdasarkan data yang dihimpun Pusdalops BPBD Kota Batu, plengsengan yang ambrol ini berdimensi panjang 14,5 meter dan tinggi 4 meter.

Ambrolnya plengsengan dikarenakan dinding saluran drainase yang tidak dapat menahan debit air yang meningkat akibat hujan.

"Kategorinya rusak sedang. Tidak ada korban jiwa,” kata Kasi Kedaruratan dan Kebencanaan BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim lewat keterangan tertulisnya, Minggu (12/9/2021).

BPBD merekomendasikan agar plengsengan segera dibangun kembali mengingat letaknya berada tepat di depan Puskesmas.

Selain itu, normalisasi aliran sungai dari pendangkalan maupun sampah bisa segera dilakukan. Hal tersebut untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan.

''Kami imbau masyarakat untuk waspada, karena debit aliran sungai cukup besar dan deras,'' imbau dia.

Di waktu bersamaan, di daerah yang sama, di Jalan Wukir Gang 11B, RT 03 RW 05, atap rumah seorang warga. Dimensi atap yang jebol sekitar 9x9 meter. Untuk sementara, rumah tidak bisa dihuni.

Atap yang jebol itu ditengarai karena tidak kuat menahan beban genangan air. BPBD Batu sudah menyalurkan bantuan stimulan berupa sembako, terpal, alat kebersihan, matras dan selimut.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak kelurahan. Penghuni dievakuasi dan untuk sementara tinggal di rumah saudaranya," jelasnya.

BPBD Batu tengah mempersiapkan diri untuk menyambut musim penghujan yang penuh akan potensi bencana alam seperti longsor serta banjir.

Laporan terbaru, BPBD Batu meningkatkan pantauan terhadap EWS tanah longsor yang telah tersebar di beberapa titik rawan.

Selain itu juga melakukan kerja bakti untuk membersihkan saluran drainase atau aliran sungai. Terakhir adalah pengecekan dan perawatan peralatan untuk penanganan jika terjadi bencana.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved