Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Wali Kota Sutiaji: Masyarakat Diimbau Tidak Membeli Rokok Ilegal

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengimbau masyarakat agar tidak membeli produk rokok ilegal.

Editor: Zainuddin
Wali Kota Sutiaji: Masyarakat Diimbau Tidak Membeli Rokok Ilegal - rugikan-negara-rokok-tanpa-pita-cukai-resmi-yang-berhasil-disita-petugas-bea-cukai.jpg
RUGIKAN NEGARA – Rokok tanpa pita cukai resmi yang berhasil disita petugas Bea Cukai
Wali Kota Sutiaji: Masyarakat Diimbau Tidak Membeli Rokok Ilegal - petugas-bea-cukai-menempelkan-stiker-pada-etalase-toko-untuk-sosialisasi-pemberantasan-rokok-illegal.jpg
SOSIALISASI – Petugas Bea Cukai menempelkan stiker pada etalase toko dalam rangka sosialisasi pemberantasan rokok illegal

SURYAMALANG.COM - Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengimbau masyarakat agar tidak membeli produk rokok ilegal.

Ia mengungkapkan mengapa rokok ilegal ini harus diberantas peredarannya, karena tidak membayar cukai atau pajak.

Selain merugikan rokok legal, pabrik atau pengusaha yang telah membayar cukai, gempur rokok ilegal dilaksanakan demi menjaga penerimaan negara guna mewujudkan kesejahteraan bangsa.

“Target Kota Malang terhadap cukai rokok senilai Rp38 miliar. Oleh karena itu, jika di Kota Malang masih banyak rokok ilegal maka akan merugikan masyarakat."

"Padahal keberadaan cukai dalam hal ini pajak, sangat penting untuk pembangunan. Hampir lebih dari 80 persen pembangunan di negara kita bergantung dari pajak."

"Dengan mengajak masyarakat belajar mengenai manfaat pajak, diharapkan ke depan semakin tumbuh kesadaran dan ketaatan membayar pajak,” tegas Sutiaji.

Kantor Pengawasan dan Pelayanan (KPP) Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang Gunawan Tri Wibowo, SE menyampaikan KPPBCTMC Malang di bawah Unit Eselon II Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai Jawa Timur II serta tergabung ke dalam World Customs Organization (WCO).

Tugas bidang kepabeanan adalah mengawasi lalu lintas barang ekspor dan impor, serta menghimpun penerimaan bea masuk, bea keluar, dan pajak-pajak dalam ranka impor.

“Bidang cukai bertugas mengawasi produksi dan peredaran barang kena cukai, serta menghimpun penerimaan cukai, pajak rokok, PPN hasil tembakau."

"Visi kami (Bea Cukai) adalah menjadi institusi kepabeanan dan cukai terkemuka di dunia. Dengan tiga misi, yaitu memfasilitasi perdagangan dan industri, melindungi perbatasan dan masyarakat, dan mengoptimalkan penerimaan negara,” jelas Gunawan.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved