Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Pincuk Tawon Aman Dikonsumsi dan Bisa Mendukung Peningkatan Imunitas Tubuh

SURYA : Mengkonsumsi Pincuk Tawon Aman dan Bisa Mendukung Peningkatan Imunitas Tubuh

Penulis: Benni Indo | Editor: Eko Darmoko
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Pincuk Tawon Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU – Mengkonsumsi pincuk tawon aman dan bisa mendukung peningkatan imunitas tubuh. Dosen dan peneliti dari, Alma Ata Graduate School of Public Health, Universitas Alma Ata, Dr Arif Sabta Aji mengatakan, sarang lebah yang menjadi bahan dasar pincuk tawon memiliki kandungan protein tinggi. Maka keberadaannya bisa meningkatkan beban protein tubuh yang dibutuhkan untuk memperbaiki sel dan jaringan.

“Salah satunya sel-sel di sistem imunitas. Sehingga bisa meningkatkan imun melalui meningkatkan kecukupan protein,” ujarnya.

Diterangkan Arif, sarang lebah terbuat dari kumpulan sari bunga yang diambil oleh lebah. Akhirnya terbuat dalam bentuk sarang. Ia mengatakan memang banyak masyarakat yang mengkonsumsi pincuk tawon.

“Kalau dari segi khasiat, tentunya tidak lebih berkhasiat seperti mengkonsumsi madu karena yang lebih utama madunya. Madu memberi manfaat banyak untuk kebutuhan gizi seperti antioksidan,” ujarnya.

Namun bukan berarti sarangnya tidak berkhasiat sama sekali. Masih ada khasiat tersendiri dalam sarang lebah itu. Sarang lebah memiliki kandungan gizi, serat, mineral dan vitamin.

“Tapi kalau secara bukti empiris, berefek pada penyembuhan penyakit belum ditemukan. Hanya sebatas sebagai salah satu alternatif sumber pangan yang bisa diolah,” ungkapnya.

Namun begitu, mengkonsumsi pincuk tawon juga disarankan tidak berlebihan. Terutama bagi mereka yang memiliki alergi. Arif tidak menyarankan orang yang memiliki alergi mengkonsumsi secara berlebihan.

“Sarang lebah mengandung protein tinggi dibanding kacang atau daging. Namun pada orang-orang tertentu bisa menimbulkan alergi kalau tidak bisa memetabolisme protein tersebut. Itu yang terjadi kalau makan secara berlebihan,” paparnya.

Mengkonsumsi sarang lebah yang telah diolah terlebih dahulu dinilai lebih baik daripada memakannya tanpa diolah. Alasannya, soal kebersihan atau kehigienisan yang belum terjamin ketika mengkonsumsi sarang lebah madu yang belum diolah.

“Yang jelas konsennya lebih higienis saja. Bisa diperkirakan banyak bakteri di sana yang nantinya malah mengganggu sistem pencernaan. Memang sebaiknya diolah terlebih dahulu,” katanya. 

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved