Breaking News:

Berita Blitar Hari Ini

Tim BPCB Jatim Kembali Temukan Struktur Bata Kuno di Persawahan Sananwetan Kota Blitar

Tim BPCB Jatim kembali menemukan struktur bata kuno di areal persawahan Kelurahan Karangtengah, Sananwetan, Kota Blitar.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: isy
samsul hadi/suryamalang.com
Tim BPCB Jatim kembali menemukan struktur bata kuno di persawahan Kelurahan Karangtengah, Kota Blitar, pada hari kedua survei penyelamatan, Selasa (21/9/2021). 

Berita Blitar Hari Ini
Reporter: Samsul Hadi
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | BLITAR - Tim BPCB Jatim kembali menemukan struktur bata kuno pada hari kedua survei penyelamatan benda diduga cagar budaya di areal persawahan Kelurahan Karangtengah, Sananwetan, Kota Blitar, Selasa (21/9/2021). 

Posisi struktur bata kuno yang baru ditemukan itu segaris di sisi utara dan timur dari titik struktur bata yang ditemukan pertama pada Mei 2021 lalu. 

Arkeolog BPCB Jatim, Nonuk Kristiana, mengatakan tim sudah membuka tiga kotak pada hari kedua survei penyelamatan. 

Penggalian di kotak pertama untuk menampakan struktur bata kuno yang ditemukan pada penanganan Mei 2021 lalu.

Lalu, penggalian kotak kedua yang berada di sisi timur juga ditemukan struktur bata yang merupakan kelanjutan dari kotak pertama.

"Kemudian di sisi utara sekitar 3 meter dari kotak satu ditemukan reruntuhan berupa bata berbentuk fragmentaris. Sekarang sedang diteruskan penggalian," ujar Nonuk. 

Dikatakannya, dari penggalian tiga kotak itu, Tim BPCB Jatim mengindikasi ada temuan data arkeologis berupa struktur bata yang orientasi utara-selatan dan barat-timur di lokasi. 

"Tapi, kami belum bisa menentukan fungsi dan periodisasi bangunan di lokasi. Survei penyelamatan ini untuk mencari potensi data arkeologis sebagai pertimbangan ke tahap pelestarian berikutnya," katanya.

Seperti diketahui, Tim BPCB Jatim melakukan survei penyelamatan terhadap temuan struktur bata kuno di areal persawahan Kelurahan Karangtengah, Sananwetan, Kota Blitar

Survei penyelamatan dilakukan selama lima hari mulai Senin (20/9/2021) sampai Jumat (24/9/2021). 

Tim BPCB Jatim menerjunkan 9 orang untuk melakukan survei penyelamatan benda cagar budaya berupa struktur bata kuno.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved