Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Universitas Negeri Malang (UM) Raih Akreditasi Unggul, Warga Harus Cermat Pilih Perguruan Tinggi

Universitas Negeri Malang (UM) berhasil mendapat Sertifikat Akreditasi Unggul yang berlaku mulai 7 September 2021 hingga 5 Mei 2025.

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
Graha Rektorat Universitas Negeri Malang (UM). 

SURYAMALANG.COM, MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) berhasil mendapat Sertifikat Akreditasi Unggul yang berlaku mulai 7 September 2021 hingga 5 Mei 2025.

Akreditasi Unggul ini diketahui pihak universitas pada Rabu (8/9/2021).

Kepala UPT  Satuan Penjaminan Mutu  (SPM) UM, Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd. menerangkan, akreditasi itu terpilah menjadi dua, yakni akreditasi perguruan tinggi dan program studi (prodi).

“Setiap program studi di perguruan tinggi harus menempuh akreditasi, demikian juga perguruan tingginya,” kata Imam kepada SURYAMALANG.COM.

Terkait peringkat akreditasi, ada dua versi. Versi lama peringkatnya A, B, dan C. Kalau versi baru, Unggul, Baik Sekali dan Baik.

Maka, jika versi lama dikonversi ke versi baru, maka statusnya tidak lagi A, B atau C, melainkan Unggul, Baik Sekali, dan Baik.

“Kalau perguruan tinggi atau prodi itu mengusulkan reakreditasi sekarang, maka peringkat yang muncul Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Cara kedua menggunakan model penyetaraan, yang biasa disebut dengan instrumen suplemen konversi (ISK),” paparnya.

Namun begitu, konversi yang diajukan tidak bisa serta merta mengubah peringkat. Misal, status A menjadi Unggul. Masih ada proses penilaian yang dilakukan.

“Setelah mengajukan ISK, kemungkinannya ada dua. Ditolak, artinya peringkat A tetap menjadi A atau pengajuannya disetujui."

"Kalau disetujui, A berubah menjadi unggul. A tidak sama dengan Unggul. Dalam pengajuan itu ada penilaian,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved