Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Cegah Silpa Membengkak, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang Desak Pemkab Serap Penuh APBD

DPRD Kabupaten Malang sedang berfokus mencegah peningkatan jumlah Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran atau Silpa pada akhir tahun 2021 nanti.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: isy
erwin wicaksono/suryamalang.com
Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Amarta Faza. 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Erwin Wicaksono
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - DPRD Kabupaten Malang sedang berfokus mencegah peningkatan jumlah Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran atau Silpa pada akhir tahun 2021 nanti.

Alhasil, wakil rakyat mendorong Pemkab Malang agar lebih meningkatkan serapan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).

"Kami sudah melakukan pengamatan. Dan Kami sudah mereview serapan setiap OPD per Juli dan Agustus lalu rata-rata masih pada angka 30-40 persen," ujar anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Amarta Faza ketika dikonfirmasi.

Politisi Nasdem tersebut menilai serapan anggaran organisasi perangkat daerah terhadap APBD idealnya mencapai 50 persen hingga 60 persen.

Menanggapi keadaan yang terpampang di Kabupaten Malang, Amarta mmasih memakluminya karena sebuah alasan.

"Kami masih memaklumi, karena sebelumnya sempat ada program refocusing sebanyak 3 kali. Sehingga hal itu bisa menghambat proses administrasi, kemudian memperlambat serapan anggaran. Terpenting kedepan anggarannya lebih ditingkatkan lagi, mengingat saat ini sudah menjelang akhir tahun," jelasnya.

Politisi Partai Nasdem itu menyampaikan salah satu solusi yang bisa diambil oleh OPD untuk meningkatkan serapan itu yakni dengan meningkatkan program pembangunan.

"Misalnya jalan berlubang dan jembatan masih banyak terlihat di beberapa kawasan Kabupaten Malang. Itu terbilang urgent karena menjadi salah satu sarana bagi masyarakat, khusunya bagi para pedagang," sebutnya.

Sebagai wakil rakyat yang membidangi pembangunan, nilai kebutuhan teknokratik di Kabupaten Malang senilai Rp 10 miliar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved