Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Pemkot Selidiki Kasus yang Picu Siswa SMKN 6 Kota Malang Belum Bisa Vaksin Karena NIK Dipakai Orang

Pemkot Malang masih menyelidiki kasus yang menyebabkan siswa di SMKN 6 Kota Malang belum bisa vaksin karena NIK-nya dipakai orang.

Canva.com
Ilustrasi vaksin. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pemkot Malang masih menyelidiki kasus yang menyebabkan siswa di SMKN 6 Kota Malang belum bisa vaksin karena NIK-nya dipakai orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan kasus penggunaan NIK oleh orang lain ini bisa disebabkan terjadinya kesalahan penginputan data di KCPPEN Dashboard Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

"Penginputan data itu sering terganggu karena NIK-nya sudah terpakai. Saya tidak tahu kenapa ini bisa terjadi," ucap Husnul kepada SURYAMALANG.COM, Kamis (23/9/2021).

Bila hal itu terjadi, Dia menyarankan vaksinasi dilaksanakan dengan pencatatan NIK secara manual, kemudian diverifikasi kembali ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang.

"Mereka tetap bisa dilayani, dan seharusnya langsung konfirmasi ke Dispendukcapil," terangnya.

Kasus penggunaan NIK oleh orang lain tersebut merupakan kejadian yang pertama yang terjadi di Kota Malang.

Kepala Dispendukcapil KOta Malang, Eny Hari Sutiarni menyarankan pemilik NIK melapor melalui hotline vaksinasi Covid-19 Kemenkes atau aplikasi PeduliLindungi di 119.

"PeduliLindungi yang bisa memperbaiki data," kata Eny.

Siswa SMKN 6 Kota Malang, Qolbi Nur Maulidiyah tidak bisa suntik vaksin karena NIK-nya sudah dipakai orang lain di Jakarta.

"Saya ini belum pernah suntik vaksin. Jadi ada orang yang pakai nama saya," kata Qolbi, Rabu (22/9/2021).

Kejadian itu membuat Qolbi belum bisa vaksin saat input data dalam kegiatan vaksinasi di KKP Kelas 2 Probolinggo di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang pada 16 September 2021.

"Saya tahunya ketika data saya sudah tertulis divaksin. Ada nomer telepon, ternyata nomor orang di Jakarta," tandasnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved