Breaking News:

Aspek Kesehatan Tunjang Sektor Pariwisata di Sumenep

Universitas Wiraraja memaparkan pentingnya sektor kesehatan dalam konsep hexa helix dalam menunjang sektor pariwisata, terutama di masa pandemi

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Diskusi antara tim peneliti dari Univesitas Wiraraja dengan perwakilan Pemkot Batu, media massa dan pelaku wisata yang membahas potensi kebangkitan pariwisata ketika pandemi di Kapal Garden Hotel Sengkaling, Jumat (1/10/2021). 

SURYAMALANG.COM, BATU – Tim peneliti dari Universitas Wiraraja memaparkan pentingnya sektor kesehatan dalam konsep hexa helix dalam menunjang sektor pariwisata, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Hexa helix tersebut terdiri atas akademisi, pengusaha, komunitas, pemerintahan, media massa dan kesehatan.

Ketua Tim Peneliti, Mohammad Hidayaturahman mengatakan, temuan sementara itu berdasarkan penelitian yang sedang ia lakukan saat ini di Kabupaten Sumenep.

“Ini menjadi pelajaran bagi kita agar persoalan kesehatan menjadi catatan penting. Tempat wisata harus memperhatikan pelaksanaan kesehatan di tempat wisata, jadi tidak sekadar murni unsur bersenang-senang. Unsur kesehatan juga harus diperhtikan ke depannya,” ujar Hidayaturahman kepada SURYAMALANG.COM, Jumat (1/10/2021).

Hidayaturahman mencontohkan, ada tempat khusus atau posko di lokasi wisata sehingga bisa membuat wistawan steril.

Bahkan diharapkan ada layanan tindakan pertama ketika ditemukan gejala akibat suatu penyakit di lokasi wisata.

Aspek kesehatan sangat menjadi pertimbangan oleh wisatawan akibat adanya pandemi.

Wisatawan juga memiliki kekhawatiran adanya transmisi penularan di tempat wisata. Sektor pariwisata juga dinilai berdampak terhadap kebutuhan pemasukan masyarakat.

Tim peneliti yang terdiri atas Mohammad Hidayaturahman, Rillia Aisyah Haris dan Imam Hidayat itu lantas mengkomparasikan dengan kondisi Kota Batu melalui diskusi grup bersama perwakilan Pemkot Batu, organisasi jurnalis serta pelaku kelompok sadar wisata.

Dipaparkan Hidayaturahman, kondisi pariwisata Kabupaten Sumenep sangat terpuruk akibat pandemi. 

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved