Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Pencemaran Kali Kebo di Kota Batu Belum Teratasi, DLH Berlakukan Sanksi Administratif

SURYAMALANG.COM, BATU - Kali Kebo yang berada di Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, masih tercemar oleh kotoran ternak.

Penulis: Benni Indo | Editor: Eko Darmoko
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Kali Kebo di Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Kali Kebo yang berada di Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, masih tercemar oleh kotoran ternak. Setiap kali hujan reda, kotoran sapi menghiasi mulut sungai. Kotoran itu mengendap dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

Warga meminta Pemkot Batu turun mengatasi persoalan lingkungan itu. Pasalnya, taruhannya adalah kesehatan warga dan kelestarian lingkungan sekitar. Meski pernah menjadi perhatian Dinas Lingkungan Hidup, nyatanya kondisi pencemaran di Kali Kebo tidak berubah.

Didik Hariyanto, warga sekitar mengatakan kalau kondisi pencemaran sungai belum teratasi. Ia mengeluhkan tidak adanya tindakan dari pemangku kebijakan terkait kondisi pencemaran sungai.

"Setiap habis hujan, bisa dipastikn kotorannya mengendap. Kondisinya seperti itu terus," kata Didik, Selasa (5/10/2021).

Setiap pagi, antara pukul 7.00 hingga 8.00, pintu air dibuka. Kotoran sapi yang bercampur air mengalir ke arah Kelurahan Sisir dan Temas.

Junaedi, peternak ikan yang kolamnya berada di dekat aliran sungai menceritakan bahwa ikannya pernah mati saat menggunakan air sungai. Dalam sehari, bisa satu ember ikan yang mati.

Peristiwa itu terjadi pada Mei 2021. Saat ini, kolam ikannya dialiri air sumber. Junaedi tidak lagi menggunakan air sungai.

"Untuk saat ini belum berani menggunakan air sungai," katanya.

Junaedi sebenarnya memilih untuk menggunakan air sungai daripada air sumber. Alasannya, banyak makanan untuk ikan di air sungai.

"Jadi kalau pakai air sumber, biaya pakannya lebih tinggi. Ukuran ikan juga lama untuk besar," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved