Breaking News:

Berita Tuban Hari Ini

Polemik Pembuatan Akta Lahir Anak Bernama Panjang di Tuban, Minta Dukcapil Beri Surat Arahan Resmi

Orang tua bocah bernama panjang di Tuban menyatakan siap untuk mengganti nama asalkan dari pihak dinas terkait mengirim surat resmi baginya

Penulis: Mochamad Sudarsono | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Mochamad Sudarsono
Cordo, bocah pemilik nama panjang di Tuban bersama ayahnya Arif Akbar 

SURYAMALANG.COM , TUBAN - Polemik proses pembuatan akta kelahiran dari bocah yang memiliki nama panjang di Tuban terus berlanjut.

Sudah hampir 3 tahun proses pengurusan akta kelahiran putra dari pasangan Arif Akbar- Suci Nur Aisiyah hingga kini belum ada solusi.

Arif Akbar, ayah dari anak dengan nama panjang di Kabupaten Tuban, berprinsip tak akan mengganti nama anaknya yang kini kesulitan mengurus akta kelahiran.

Di sisi lain pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tuban juga tak memproses pengajuan pengurusan akta kelahiran si bocah .

Alasan dari pihak Dinas Dukcapil karena jumlah karakter penulisan nama melebihi batas jumlah karakter yang tersedia di sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK).

Arif Akbarpun telah mengirim surat terbuka pada Presiden Joko Widodo agar bisa mendapatkan solusi.

Tapi belum ada tanda-tanda atau petunjuk dari Pemerintah Pusat yang bisa memberi solusi kondisi yang dialami Arif AKbar.

Di sisi lain orang tua bocah yang memberikan nama panjang sebenarnya sudah mengendorkan idelismenya dengan bersedia menyesuaikan penggunaan nama anaknya di akta asalkan ada surat resmi dari pihak pemerintah yang menyatakan arahan baginya.

Seperti diketahui warga Tuban, pasangan Arif Akbar- Suci Nur Aisiyah memberi nama putra keduanya  terdiri dari 19 kata.

Nama yang diberikan yaitu Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi - Thariq Ziyad Syafudin Quthuz Khoshala Sura Talenta.

Halaman
1234
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved