Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Kebut Program Vaksinasi, Dinkes Kabupaten Malang Masih Dihadapkan Adanya Kasus Aktif Covid-19

Di saat adanya tuntutan mengebut vaksinasi Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang masih dihadapkan pada sejumlah pekerjaan rumah

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: Eko Darmoko
Shutterstock
Ilustrasi proses pembuatan vaksin virus corona atau Covid-19 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Di saat adanya tuntutan mengebut vaksinasi Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang masih dihadapkan pada sejumlah pekerjaan rumah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo menerangkan saat ini jumlah kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Malang masih mencapai puluhan kasus.

"Kasus aktif sampai sekarang masih ada kurang lebih 80 orang di Kabupaten Malang, mereka dirawat di rusanawa, isoter kecamatan dan rumah sakit," ujar Arbani ketika dikonfirmasi SURYAMALANG.COM.

Arbani menegaskan sejumlah cara menekan Covid-19 masih terus diterapkan.

Menurutnya, yang terpenting adalah pengendalian kasus aktif Covid-19 dengan tracing atau pelacakan dan testing terhadap kontak erat terus dilakukan.

"Tracing sesegera mungkin bila ditemukan kasus positif baru pada kontak erat dan langsung diwajibkan diisolasi di rumah. Bila hasil positif diwajibkan isolasi di isoter selama 14 hari," sebutnya.

Menurut Arbani, langkah-langkah pihaknya dalam menangani Covid-19 terus dilakukan evaluasi agar mengerucut pada solusi terbaik.

"Satgas Covid-19 mulai tingkat kabupaten sampai desa atau kecamatan tetap memberlakukan tindakan pencegahan dengan menerapkan pelarangan kerumunan lebih dari 15 orang. Bila melanggar dikenai sanksi," ungkapnya.

Sementara itu, Arbani berharap tinggi terhadap efek positif vaksinasi Covid-19 terhadap ketahanan imunitas masyarakat Kabupaten Malang.

"Kami harapkan vaksinasi membuat kalaupun orang terpapar tidak ada gejala Covid-19. Jikalau ada gejala tak sampai masuk ruang ICU dan tidak sampai meninggal," tutupnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved