Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

500 Ibu Hamil di Kota Malang Telah Divaksin Covid-19

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, tercatat sudah ada 500 orang ibu hamil yang telah divaksin menggunakan Vaksin Sinovac

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Eko Darmoko
www.essentialbaby.com.au
ILUSTRASI 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Program percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus digencarkan.

Tak hanya bagi masyarakat umum dan lansia, vaksinasi tersebut juga diberikan untuk ibu hamil.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, tercatat sudah ada 500 orang ibu hamil yang telah divaksin menggunakan Vaksin Sinovac.

Sampai saat ini, vaksinasi yang dimulai sejak bulan Agustus 2021, masih terus dilakukan dan Dinkes Kota Malang tidak memberikan target batas waktu untuk vaksinasi ibu hamil.

"Untuk vaksinasi ibu hamil, kami tidak menargetkan batas waktunya. Yang sesuai persyaratan ada sekitar 1.200 (ibu hamil), dan yang sudah divaksin 500 orang," ujar Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (24/10/2021).

Dirinya menjelaskan, pada awal bulan Oktober 2021, tercatat ada 1.515 ibu hamil yang terdata. Namun, setelah melakukan tahapan skrining, hanya 1.200 ibu hamil yang sesuai persyaratan.

"Ibu hamil yang tak lolos skrining, karena usia kandungan belum mencapai 13 minggu atau lebih dari 33 minggu. Kemudian hambatan lainnya, yakni terkait mobilisasi ibu hamil yang tidak bisa sembarangan," jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, vaksinasi ibu hamil tersebut akan diserahkan di masing-masing fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) maupun puskesmas di masing-masing wilayah.

"Kami serahkan ke masing-masing wilayah puskesmas, sehingga ibu hamil yang memenuhi syarat bisa melakukan vaksinasi di puskesmas," terangnya.

Dirinya juga menambahkan, vaksinasi bagi ibu hamil sangatlah perlu. Pasalnya, angka kematian ibu hamil akibat Covid 19 di Kota Malang mencapai 27 orang.

"Program vaksinasi bagi ibu hamil, merupakan salah satu upaya Pemkot Malang untuk mencegah penyebaran Covid 19. Sekaligus, untuk membentuk herd immunity di wilayah Kota Malang," tandasnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved