Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Wabup Didik Gatot Subroto Minta Warga Kabupaten Malang Ikut Aktif Berantas Rokok Ilegal

Pemerintah Kabupaten Malang bersama Bea Cukai Malang kembali memasifkan sosialiasi peredaran rokok ilegal di wilayahnya.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: isy
erwin wicaksono/suryamalang.com
Pemerintah Kabupaten Malang bersama Bea Cukai Malang kembali memasifkan sosialiasi peredaran rokok ilegal di wilayahnya. Kali ini, masyarakat Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang jadi sasaran sosialisasi pemberantasan rokok ilegal yang merugikan negara itu. Sosialiasi digelar di Hotel Ijen Suites Kota Malang pada Kamis (28/10/2021) hingga Jumat (29/10/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Erwin Wicaksono
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Pemerintah Kabupaten Malang bersama Bea Cukai Malang kembali memasifkan sosialiasi peredaran rokok ilegal di wilayahnya.

Kali ini, masyarakat Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang jadi sasaran sosialisasi pemberantasan rokok ilegal yang merugikan negara itu.

Sosialiasi digelar di Hotel Ijen Suites Kota Malang pada Kamis (28/10/2021) hingga Jumat (29/10/2021).

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, menyerukan kepada masyarakat agar tidak pasif dalam mengaplikasikan materi sosialisasi cukai di lingkungan masyarakat.

Alhasil, masyarakat harus bisa menerapkan materi sosialisasi di kehidupan bermasyarakat.

"Kami berpesan kepada masyarakat dan ayo bersama-sama usai  sosialisasi ini bisa diteruskan kepada masyarakat lainnya. Jadi masyarakat lebih mengerti mengenai bahaya rokok ilegal," beber Didik.

Didik mengingatkan dampak buruk rokok ilegal jika terus beredar.

Menurut Didik, rokok ilegal akan merugikan negara.

"Tentunya perusahaan rokok yang resmi, akan protes dengan keberadaan rokok ilegal. Rokok itu ternyata ada quality control, yang artinya ada pertimbangan tentang kesehatan," beber Didik.

Sementara itu, pemateri Dofic Soroanggomo dari DPRD Kabupaten Malang berpesan kepada masyarakat sepulang sosialisasi, bisa langsung memberi tahu tetangga tentang bahaya rokok ilegal.

Peran aktif masyarakat dalam gerakan membasmi peredaran rokok ilegal akan lebih berguna jika langsung diterapkan di lingkungan masyrakat.

"Seusai pulang dari sosialisasi pada esok peserta sosialisasi bisa memberitahu warganya sendiri bahwa rokok ilegal itu juga merugikan warga. Karena DBHCHT itu nantinya juga untuk kesejahteraan warga sendiri," ujar Dofic.

Dofic menjelaskan, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau atau DBHCHT akan bermanfaat bagi masyarakat, terutama pada sektor pembangunan infrastruktur, pembiayaan kesehatan dan pendidikan.

"Padahal rokok ilegal tersebut merugikan negara. DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) kan ya jadi berkurang karena rokok cukai ilegal ini. Karena kan cukai ini jadi tidak masuk DBHCHT dan jika ilegal tidak bisa masuk ke dana hasil. Artinya pembangunan ya berkurang. BPJS salah satu sumber anggarannya dari APBD dan dapatnya dari DBHCHT itu," beber Dofic.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved