Breaking News:

Berita Kediri Hari Ini

Dispendukcapil Kota Kediri Gelar Sosialisasi Pasangan Nikah Siri Bisa Punya Dokumen Resmi

Berdasarkan peraturan terbaru, pasangan nikah siri bisa memiliki dokumen kependudukan resmi atau dokumen nikah siri.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: isy
didik mashudi/suryamalang.com
Kegiatan sosialisasi kebijakan dan peraturan pelayanan administrasi kependudukan terkait dokumentasi pernikahan siri di Hotel Lotus, Kota Kediri, Senin (8/11/2021). 

Berita Kediri Hari Ini
Reporter: Didik Mashudi
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | KEDIRI - Berdasarkan peraturan terbaru, pasangan nikah siri bisa memiliki dokumen kependudukan resmi atau dokumen nikah siri.

Anak keturunan hasil nikah siri juga bisa memiliki akta kelahiran.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri, Syamsul Bahri, mengatakan saat ini di Kota Kediri pasangan nikah siri masih cukup banyak. 

"Cukup banyak pasangan dari perkawinan lama di Kota Kediri yang nikah siri. Pasangan yang sudah menikah tapi tidak memiliki buku nikah, akan diberi catatan khusus pada kartu keluarga yang diterbitkan," jelas Samsul Bahri saat sosialisasi kebijakan dan peraturan pelayanan administrasi kependudukan di Hotel Lotus, Senin (8/11/2021). 

Dijelaskan, Dispendukcapil Kota Kediri memproses hal tersebut berdasarkan laporan yang diterima dari warga langsung.

"Sengaja kami masifkan informasi ini melalui sosialisasi hari ini," ungkapnya.

Syamsul juga menegaskan, ketentuan tersebut  bukan berarti membolehkan pernikahan siri, tapi lebih kepada perlindungan hak-hak hukum anak dari pasangan nikah siri yang sudah terlanjur sebelumnya. 

"Lebih kepada perlindungan hak-hak hukum anak dan kejelasan status dari anak tersebut. Walaupun pernikahannya belum tercatat tapi siapa orang tua dari anak tersebut bisa jelas karena telah tercatat di Kartu Keluarga," jelasnya. 

Menurut Syamsul, bagi para pasangan nikah siri yang hendak melakulan pencatatan diharapkan sebelumnya supaya melakukan isbat nikah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved