Solusi PeduliLindungi Sering Error Saat Scan Barcode, Pengaduan Bisa Lewat Chatbot WhatsApp Ini

Layanan chatbot tersebut bertujuan untuk mempercepat respons pengaduan masyarakat terkait perbaikan sertifikat vaksinasi.

Penulis: Ratih Fardiyah | Editor: Dyan Rekohadi
didik mashudi/suryamalang.com
Scan QR code aplikasi PeduliLindungi yang disiapkan bagi tamu dan pengunjung di Balai Kota Kediri. 

SURYAMALANG.COM - Aplikasi PeduliLindungi kini menjadi syarat mobilitas bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Diketahui Pemerintah mulai menerapkan kebijakan wajib vaksin virus Corona untuk hampir semua tempat-tempat umum di Indonesia.

Hal ini sesuai peraturan pemerintah yang kembali melakukan penyesuaian terhadap perpanjangan PPKM.

Bagi yang sudah di vaksin, maka sertifikat vaksin akan muncul di aplikasi PeduliLindungi.

Melalui aplikasi PeduliLindungi yang dapat diunduh gratis di Play Store atau App Store, maka masyarakat baru bisa mendapat akses masuk ke sebuah tempat umum.

Namun bagaimana jika aplikasi PeduliLindungi tersebut sering error saat scan barcode sertifikat?

Baca juga: Syarat Naik Pesawat November 2021, Cek Aturan Terbaru yang Wajib Tunjukkan Ini dan Tak Harus PCR

Terbaru, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan fitur layanan chatbot WhatsApp PeduliLindungi, pada Rabu (10/11/2021).

Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, layanan chatbot tersebut bertujuan untuk mempercepat respons pengaduan masyarakat terkait perbaikan sertifikat vaksinasi yang selama ini dilakukan melalui email dan call center 119 ext 9.

"Untuk mengakses layanan chatbot ini, masyarakat bisa menghubungi WhatsApp Kemenkes RI pada nomor 081110500567," kata Kunta, dalam keterangan tertulis, Rabu (10/11/2021).

Seperti dilansir dari Kompas.com: Percepat Respons Pengaduan Masyarakat, Kemenkes Luncurkan Chatbot WhatsApp PeduliLindungi

Kunta mengatakan, untuk keamanan data, masyarakat akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dan kode OTP terlebih dahulu.

Selanjutnya, menu download sertifikat, status vaksinasi, dan ubah info diri akan tampil dan dapat dipilih oleh masyarakat sesuai kebutuhan.

Kunta menjelaskan, dalam chatbot PeduliLindungi ini terdapat tiga menu utama yang bisa digunakan masyarakat, yakni untuk mengunduh sertifikat vaksin, status vaksinasi, dan mengubah info diri.

"Menu ubah info diri diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengubah data nama pada sertifikat vaksin agar sesuai KTP dan nomor telepon terdaftar di aplikasi PeduliLindungi," ujarnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved