Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Lulusan Jadi Wirausaha Masuk Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi

Direktur Belmawa Prof drh Aris Junaidi membuka kegiatan KMI Expo ke XII di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: isy
sylvianita widyawati/suryamalang.com
Direktur Belmawa Prof drh Aris Junaidi dan Rektor Universitas Brawijaya (UB) meninjau stand usaha mahasiswa UB di Samantha Krida saat pembukaan KMI Expo XII di mana UB sebagai tuan rumah, Rabu (17/11/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Sylvianita Widyawati
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Direktur Belmawa (Pembelajaran dan Kemahasiswaan) Prof drh Aris Junaidi membuka kegiatan KMI Expo (Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia) ke XII di Universitas Brawijaya (UB), Rabu (17/11/2021).

Menurut Aris, kegiatan lomba kewirausahaan setiap tahun untuk mahasiswa selalu diadakan Kemendikbud Ristek.

Seperti KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia), ASMI (Akselerasi Start Up Mahasiswa Indonesia) dan ditutup dengan KMI Expo.

"Untuk monevnya, berapa banyak mahasiswa yang mandiri. Kewirausahaan masuk IKU (Indikator Kinerja Utama) perguruan tinggj yang pertama. Berapa banyak lulusan yang berwirausaha menjadi ukuran," kata Aris pada wartawan seusai membuka kegiatan.

Untuk mendukung itu, Belmawa akan merancang kegiatan kewirausahaan khusus agar bisa dijangkau mahasiswa lebih banyak dan disiapkan anggaran yang luar bisa.

Ditambahkan, semua kegiatan kemahasiswaan akan mengikuti keputusan menteri yaitu dikoneksikan dengan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), termasuk aktifitas kewirausahaan.

"Hal ini tidak akan mempengaruhi lama studi mahasiswa karena ini menjadi satu bagian dari proses pembelajaran," kata Aris.

Kegiatan di MBKM akan dikonversikan dengan SKS.

Keputusan Mendikbud Ristek tentang bagaimana mengkonversikan kegiatan kemahasiswaan termasuk kewirausahaan sudah ada.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved