Breaking News:

Bentara Budaya Akan Gelar Pameran 'Wayang Rupa Kita'

Bentara Budaya akan menggelar pameran 'Wayang Rupa Kita' di Bentara Budaya Jakarta pada 19 November 20221 sampai 4 Desember 2021

Editor: Zainuddin
suryamalang.com

SURYAMALANG.COM - Bentara Budaya akan menggelar pameran 'Wayang Rupa Kita' di Bentara Budaya Jakarta pada 19 November 20221 sampai 4 Desember 2021.

Pembukaan pameran yang dikuratori oleh Nanang HP ini dapat disaksikan secara virtual melalui kanal youtube Bentara Budaya pada 18 November 2021 pukul 19.00 WIB.

Wayang-wayang yang ditampilkan pada pameran kali ini merupakan koleksi Bentara Budaya, yaitu Wayang Kulit, Wayang Golek, dan Wayang Suket (rumput).

Karya-karya tersebut dipilih dan disusun sebagai penggambaran adegan-adegan seturut kisah-kisah tertentu.

Ada 17 adegan wayang berbentuk instalasi di atas batang pisang, disertai pula beberapa kaca dengan tema wayang serta lukisan wayang di atas kanvas.

Karya wayang kulit dan wayang golek merupakan hasil kreasi padepokan Asep Sunarya.

Sedangkan wayang suket atau wayang rumput tidak lain adalah karya Kasan Wikrama atau lebih dikenal dengan Mbah Gepuk.

Wayang suket dibuat dari bahan rumput khusus yang hanya tumbuh di bulan Sura, sehingga disebut rumput Kasura-an (Kasuran).

Tajuk 'Wayang Rupa Kita' dapat diartikan sebagai beragam rupa wayang yang merefleksikan atau mencerminkan diri kita (manusia), penikmat yang melihat aneka lakon tersebut.

Wayang bukan semata bayangan di layar pertunjukan, tapi juga bayang-bayang kehidupan dengan aneka rupa, karakter, serta polahnya.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved