Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Rektor Unisma Bangun Inovasi Out of The Box, Maskuri: Silakan Gelar Pelatihan Profesi

Konsep Unisma adalah out of the box. Harus keluar dari zona nyaman pendidikan, terang Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi

Penulis: Hesti Kristanti | Editor: Eko Darmoko
SURYAMALANG.COM
Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi. 

SURYAMALANGCOM, MALANG - Mencetak sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, menjadi fokus Universitas Islam Malang (Unisma) dalam memberikan pendidikan kepada mahasiswa. Inovasi dan beragam program pun dilakukan demi mencetak SDM yang mumpuni.

"Konsep Unisma adalah out of the box. Harus keluar dari zona nyaman pendidikan," terang Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi, saat menghadiri kegiatan Pelatihan Thematic Academy Digital Media Reporter yang digelar Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya, Rabu (17/11/2021).

Dijelaskan lebih lanjut, Unisma tidak mendevelop pendidikan yang ikut-ikutan kampus lain. Tapi mengembangkan keunikan dan keunggulan yang dimiliki.

Misalnya, menyiapkan kelas profesional untuk mahasiswa yang memiliki talent-talent khusus.
Mereka akan dibimbing dosen secara langsung untuk mewujudkan keahlian yang dimiliki.

"Jika keahlian pertanian, akan dibimbing memulai bertanam hingga menghasilan. Kami sediakan lahannya. Hasilnya harus jelas," terang Maskuri.

Mereka juga harus menghasilkan tulisan-tulisan berupa jurnal, artikel di media, buku, dan video yang berkualitas.

"Kami lakukan perombakan kurikulum besar-besaran, pendidikan di Unisma 40 persen di dalam kampus dan 60 persen di luar kampus. Tujuannya, agar mahasiswa Unisma mampu mengubah Indonesia dan dunia," sambungnya.

Karena itu, tak sedikit mahasiswa yang magang di perusahaan langsung direkrut ketika belum lulus.

Ada pula program laboratorium rumah kreatif Indonesia yang mendapat sokongan dana hingga Rp 2,5 miliar dan program entrepreneur gerasi emas yang telah menghasilkan beragam produk maknanan dan minuman.

Yang terbaru, program one ponpes one product (popo) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Unisma akan memberikan pendidikan entrepreneur dan sosiopreneur satu tahun untuk santri.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved