Breaking News:

Berita Jawa Timur Hari Ini

Cegah Ledakan Kasus Covid-19, Bupati Madiun Larang ASN Cuti dan Keluar Kota saat Nataru

Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing ini juga mengingatkan bahwa ASN di wilayahnya tidak diizinkan bepergian ke luar kota selama libur nataru.

rahadian bagus priambodo
KAJI MBING - Bupati Madiun yang baru dilantik, Ahmad Dawami Ragil Saputro. 

SURYAMALANG.COM|MADIUN - Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) bahwa tidak ada cuti bersama selama libur natal dan tahun baru 2022. 

Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing ini juga mengingatkan bahwa ASN di wilayahnya tidak diizinkan bepergian ke luar kota selama libur nataru.

 “Sudah cukuplah yang kemarin. Sudah banyak yang menjadi korban meninggal karena Covid-19," kata dia, Kamis (25/11/2021).

Dia tidak ingin terjadi ledakan kasus Covid-19 gara-gara perayaan nataru. Sebab, perayaan nataru identik dengan dengan kegiatan berkumpul di tempat umum. 

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun berencana memperketat aktivitas masyarakat saat perayaan tersebut.

“Kita harus belajar apa yang terjadi kemarin. Ketika libur panjang, pasti ada lonjakan (kasus Covid-19). Libur panjang ini akan menyebabkan mobilitas masyarakat ikut naik. Ketika naik, potensi pelanggaran protokol kesehatan juga lebih tinggi. Kondisi itu tentu berdampak pada kenaikan kasus,” katanya.

Dia tidak ingin Madiun yang sudah berada di zona hijau akan berubah akibat ada penambahan kasus Covid-19. Oleh sebab itu, kondisi tersebut harus dipertahankan.

Bupati tidak ingin wilayahnya mengalami lonjakan kasus Covid-19 seusai perayaan nataru.

 “Membuat zona merah menjadi hijau itu mudah. Tetapi mempertahankan zona hijau untuk tetap hijau itu sulit. Makanya kami belajar dari lonjakan kasus yang terjadi pada Januari dan Juli lalu,” jelasnya.

Mengenai aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, Kaji Mbing menegaskan pihaknya menunggu aturan pemerintah pusat. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved