Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Bencana Alam Berpotensi Kuras Anggaran Pemkab Malang

BPBD Kabupaten Malang memprediksi rentetan bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini menimbulkan kerugian finansial mencapai Rp 300 miliar.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: isy
BPBD Kabupaten Malang
Bencana tanah longsor yang menerjang Desa Bangelan, Wonosari, Kabupaten Malang, Minggu (28/11/2021) menimbulkan korban jiwa. 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Erwin Wicaksono
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang memprediksi rentetan bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini menimbulkan kerugian finansial mencapai Rp 300 miliar.

BPBD mencatat ada sebanyak 217 bencana yang terjadi sejak Januari hingga November 2021.

"Kerugian sebesar itu belum termasuk kerugian yang diakibatkan gempa bumi pada bulan April lalu. Kalau itu ada perhitungannya sendiri," beber Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan.

Sebanyak 217 bencana yang terjadi rinciannya meliputi angin kencang terjadi 34 kali, banjir 19 kali, gempa bumi 52 kali, pohon tumbang 12 kali dan longsor terjadi sebanyak 100 kali.

Bencana alam menggerus berbagai fasilitas umum dan rumah warga.

Kata Sadono, wilayah Kecamatan Ngantang mendominasi kejadian bencana alam.

Ada sebanyak 25 bencana telah terjadi di wilayah tersebut.

"Paling banyak kalau di Ngantang itu longsor, terjadi 17 kali. Lainnya pohon tumbang, angin kencang dan banjir. Jumlah kejadian longsornya sama seperti di Pujon. Terjadi 17 kali dalam waktu hampir satu tahun," beber Sadono.

Cuaca ekstrim yang terjadi diduga jadi pemicu terjadinya bencana alam.

Hutan yang tak lagi utuh juga disinyalir jadi penyebab maraknya bencana hidrometeorologi.

"Selain memang kondisi iklim di 2021 ini, dengan adanya La Nina di awal tahun dan akhir tahun ini berdampak terhadap beberapa kejadian bencana," tutup Sadono.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved