Berita Malang Hari Ini

Hasil Survei BI Malang, Indeks Keyakinan Konsumen Terus Menguat pada November 2021

Indeks Kondisi Ekonomi saat ini tercatat sebesar 99,17 lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 88,33. 

BI Malang
grafik IKK IKE dan IEK yang dibuat oleh kantor perwakilan BI Malang. 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Malang mulai mengindikasikan adanya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi yang terus mengalami penguatan.

Penguatan itu dibuktikan dengan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada November 2021 ini tercatat sebesar 129,75 menguat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 123,00. 

Dengan begitu, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi kembali berada pada level optimis pada indeks lebih dari 100.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Azka Subhan mengatakan, bahwa bahwa kenaikan IKK ini didorong oleh membaiknya Indeks Ekonomi (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

Indeks Kondisi Ekonomi saat ini tercatat sebesar 99,17 lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 88,33. 

"Peningkatan IKE ini dipengaruhi kenaikan komponen pembentuknya, yaitu penghasilan saat ini, pembelian durable goods, dan ketersediaan lapangan kerja," ucap Azka, Selasa (30/11).

Azka mengatakan, percepatan vaksinasi Covid-19 dan adanya sejumlah kelonggaran saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga menjadi faktor peningkatan IKE.

Selain itu, dengan meningkatnya ketersediaan lapangan pekerjaan juga menjadi indikasi, bahwa kegiatan ekonomi di masyarakat mulai membaik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Dadi hasil responden survei konsumen di Kota Malang pad November 2021 juga mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan penghasilan disertai peningkatan pembelian durable goods. Hal ini mengindikasikan bahwa proses pemulihan ekonomi mulai berjalan ke arah membaik," ungkapnya.

Sejalan dengan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi ke depan juga terpantau menguat dibandingkan bulan sebelumnya, 

Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) pada November 2021 tercatat sebesar 161,33 meningkat dari 158,00 pada bulan sebelumnya. Optimisme IEK dipengaruhi oleh terjaganya ekspektasi penghasilan, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja dan ekspektasi kegiatan usaha.

(Rifky Edgar)

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved