Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Jelang Berganti Tahun, Serapan Anggaran Pemkot Batu di Angka 52.43 Persen

Serapan anggaran Pemkot Batu di awal Desember 2021 mencapai 52.43 persen.

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
benni indo/suryamalang.com
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Serapan anggaran Pemkot Batu di awal Desember 2021 mencapai 52.43 persen.

Potensi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) pun diprediksi tinggi. Dari total anggaran APBD Rp 1,1 triliun masih terbelanjakan Rp 609,4 miliar.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso saat dikonfirmasi menyampaikan optimismenya bahwa serapan bisa mencapai 90 persen di akhir tahun ini.

Katanya, banyak biaya yang bum terbayarkan, sementara pengerjaannya sedang berlangsung. 

“Serapan itu minim karena banyak pekerjaan yang sedang berlangsung dan belum terbayar, terutama fisik,” jelas Punjul, Kamis (2/12/2021).

Pembangunan yang belum selesai itu seperti pembangunan jembatan Sisir-Pandanrejo dan pelebaran jembatan Temas-Pandanrejo. Nilainya ditaksir mencapaibsekitar Rp 500 juta.

Lalu pembangunan relokasi pasar sejumlah Rp 4,7 miliar tengah berjalan. Serta pembangunan Perpustakaan Kota Batu Rp 1,9 miliar yang juga sedang berjalan. 

"Selanjutnya pembangunan rumah kemasan senilai Rp 1,3 miliar, belum yang lainnya lagi,” bebernya.

Punjul optimis realisasi belanja daerah bisa dimaksimalkan hingga akhir bulan ini.  Dengam begitu, diharapjan mampu menekan Silpa tahun 2021. Sementara Silpa 2020 mencapai Rp 261 miliar.

Demi memastikan serapan maksimal dan SILPA lebih rendah dari tahun sebelumnya kepala daerah telah memperingatkan dinas bekerja lebih serius dan mengingatkan pihak ketiga untuk segera menyelesaikan administrasi kegiatan sebelum bulan Desember. 

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved