Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Lahan Pertanian di Dusun Beru Belum Efektif karena Sisa Sampah Banjir Bandang

Satu bulan pasca banjir bandang di Kota Batu, banyak hal yang masih perlu diperhatikan, terutama membersihkan sampah di lahan pertanian.

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
DOK RAKHMAD HARDIYANTO
Kegiatan bersih-bersih sampah bekas banjir bandang oleh warga di lahan pertanian Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU – Satu bulan pasca banjir bandang di Kota Batu, banyak hal yang masih perlu diperhatikan, terutama membersihkan sampah di lahan pertanian.

Para petani di Dusun Beru, Desa Bumiaji membutuhkan bantuan untuk bisa membersihkan sampah bekas banjir bandang yang berada di lahan pertanian mereka.

Para warga setempat, dibantu sejumlah komunitas seperti Duta Petani Milenial, Sabers Pungli, YDSF dan ikatan alumnus Fakultas Teknik, Universitas Brawijawa membersihkan sampah-sampah yang bisa disingkirkan, Minggu (5/12/2021).

Rakhmad Hardiyanto, narahubung kegiatan bersih-bersih dari Duta Petani Milenial mengatakan, ada 25 petani yang lahannya terdampak di Dusun Beru.

Mereka adalah petani buah jeruk dan tanaman hias. Hasil pertanian tidak bisa dipanen karena rusak akibat banjir bandang.

“Tahap sekarang ini pemulihan ekonomi petani dan peternak terdampak. Nah, atas dasar inisiasi dari masyarakat Dusun Beru, yang ingin beraktivitas seperti sedia kala, kami membersihkan material sisa yang belum dibersihkan,” ujarnya.

Diharapakan lahan pertanian bisa kembali difungsikan tiga pekan ke depan. Namun jika ada bantuan dari pihak lain untuk membersihkan lahan, bisa jadi aktivitas pertanian diakukan dalam waktu dekat.

“Kegiatan ini kolaborasi untuk kerjabakti bersama warga, juga dibantu dengan alat handtracktor, karena setelah banjir kemarin lahannya perlu diolah," ujar Hardi.

Petani di Dusun Beru juga menerima 10 ribu bibit bunga krisan. Sementara YDSF membagikan 24 ribu bibit bunga krisan dan 1200 bibit mawar.

Pemdes Bumiaji dan Dinas Pertanian juga menyerahkan bibit jeruk bagi petani jeruk.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved