Breaking News:

Gunung Semeru Meletus

Damkar Kota Malang Bantu Distribusi Air Bersih Bagi Pengungsi Erupsi Semeru

Pendistribusian air bersih ini telah dilakukan sejak Minggu (5/12/2021) kemarin ke posko-posko pengungsian yang berada di Kecamatan Pronojiwo Lumajang

SURYAMALANG.COM/M Rifky Edgar H
Petugas Damkar Kota Malang saat membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru mendistribusikan air bersih 

SURYAMALANG.COM, MALANG - UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang (Damkar) membantu mendistribusikan air bersih bagi warga yang berada di posko pengungsian erupsi Semeru.

Pendistribusian air bersih ini telah dilakukan sejak Minggu (5/12/2021) kemarin ke posko-posko pengungsian yang berada di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Kepala UPT Damkar Kota Malang, Teguh Budi Wibowo mengatakan, bahwa ada dua unit mobil Damkar yang telah dikerahkan ke posko pengungsian.

"Total ada sembilan personel yang kami terjunkan. Petugas akan kami stand by kan di sini. Kalau diperintahkan pimpinan lanjut ya terus, kalau selesai ya selesai," ucapnya Senin (6/12/2021).

Teguh mengatakan, dalam pendistribusian air bersih ini, Damkar Kota Malang mengambil air dari sumber air bersih yang terletak di Pronojiwo.

Air bersih tersebut dipergunakan oleh warga untuk keperluan sehari-hari mereka, seperti untuk mandi dan memasak.

Pasalnya, dampak erupsi Semeru kemarin menyebabkan listrik di wilayah Pronojiwo banyak yang padam.

Hal ini menyebabkan warga tidak bisa mengambil langsung air bersih dari sumur-sumur warga.

"Kebanyakan dari informasi warga, banyak yang pakai air sumur. Dan untuk menarik air membutuhkan listrik. Yang punya jenset bisa ambil air pakai bahan bakar BBM. Tapi yang tidak punya ya kita bantu seperti ini," terangnya.

Mulai dua hari kemarin, Damkar Kota Malang telah menyasar ke 20 rumah warga dan posko pengungsian yang berada di daerah Supit Urang.

Pendistribusian air bersih juga dilakukan ke dapur umum yang telah dibangun di posko pengungsian.

"Biasanya kami distribusikan sekitar 200-300 liter air, bermacam-macam. Karena air ini juga kebutuhan utama, jadi banyak masyarakat yang membutuhkan," tandasnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved