Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Rektor UM Pastikan UKT Tidak Dinaikkan Meski Berstatus PTNBH

UKT tidak akan dinaikkan meski ada kemandirian ekonomi seiring UM berstatus PTNBH pada 25 November 2021 dengan keluarnya PP nomer 115 tahun 2021.

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Kampus utama Universitas Negeri Malang (UM) di JL Semarang Kota Malang, Senin (6/12/2021). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Rektor Universitas Negeri Malang (UM) Prof Dr Rofi'uddin MPd memastikan bahwa UKT UM tidak akan dinaikkan.

UKT tidak akan dinaikkan meski ada kemandirian ekonomi seiring UM berstatus PTNBH pada 25 November 2021 dengan keluarnya PP nomer 115 tahun 2021.

"Tolong disampaikan bahwa UKT di UM tidak dinaikkan. Kami akan melakukan terobosan bahwa kami akan mengembangkan badan usaha," jelas Rektor saat konferensi pers, Senin (6/12/2021).

Untuk itu akan dibuat CV atau PT sehingga bisa didorong untuk menjadi pendapatan UMagar bisa mendapatkan kemandirian ekonomi.

Sebab untuk menjadi perguruan tinggi rujukan Asia perlu biaya. Maka perlu unit usaha. 

"Itu skema jangka pendeknya," kata Rektor.

Badan usaha akan dijalankan profesional dengan mekanisme seleksi.

Maka ke depan akan banyak pegawai UM yang non ASN namun hak dan kewajibannya sama.

Ditambahkan Ketua Senat UM, Prof Dr Suko Wiyono, status baru UM tidak membebani mahasiswa. Sebab UM akan membentuk badan usaha dan bekerjasama dengan pihak luar.

"Bahkan di PP itu di pasal 18 ayat 2, UM wajib mencari dan menjaring calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi tapi kurang mampu dari daerah 3 T paling sedikit 20 persen untuk mahasiswa baru. Ini menunjukkan bahwa UM tidak akan membebankan mahasiswa," papar Suko Wiyono.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved