Penanganan Covid

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun Mulai Besok, Belum Semua Kabupaten /Kota di Jatim Siap

Sampai saat ini ada sebanyak 8,8 juta jiwa anak dari 106 kabupaten dan kota dari 11 provinsi yang sudah memenuhi kriteria vaksinasi Covid-19 anak

Penulis: David Yohanes | Editor: Dyan Rekohadi
hayu yudha prabowo/suryamalang.com
ILUSTRASI - Para pelajar di Kota Malang saat menunjukkan kartu vaksin Covid-19. 

SURYAMALANG.COM - Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 tahun di Indonesia akan dimulai besok, Selasa (14/12/2021).

Meski menjadi salah satu langkah prioritas bersama, vaksinasi Covid-19 untuk anak ini ternyata belum serta merta bisa dilakukan di semua daerah.

Sampai saat ini ada sebanyak 8,8 juta jiwa anak dari 106 kabupaten dan kota dari 11 provinsi yang sudah memenuhi kriteria. 

Provinsi yang sudah bisa menjalankan vaksinasi Covid 19 untuk anak yaitu Banten, DIY Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, NTB, Sulawesi Utara dan Bali. 

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan kick off pelaksanaan vaksinasi tersebut.

"Kami harapkan hari Selasa (14/12/2021) sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan dan selanjutnya itu secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan vaksinasi semua anak usia 6 sampai 11 tahun yang totalnya berdasarkan data itu ada 26,8 juta," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (13/12/2021).

Pelaksanaan vaksinasi untuk anak sesuai dengan Instruksi Presiden untuk segera melaksanakan vaksinasi pada anak 6 sampai 11 tahun.

Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

"Ini dilakukan betul-betul karena kita ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia dan juga mencegah penularan Covid-19," tambah Dirjen Maxi.

Dilakukan Bertahap

Pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan bertahap.

Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60 persen.

Vaksin yang digunakan untuk sementara ini adalah jenis Sinovac dan sudah punya Emergency Use Autorization (EUA).

Sebanyak 6,4 juta dosis vaksin Sinovac yang akan digunakan hingga akhir Desember 2021.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved