Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko Resmikan Program Desa Berdaya

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko meresmikan program Desa Berdaya Desa Pandanrejo di Kecamatan Bumiaji, Selasa (28/12/2021).

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
DISKOMINFO KOTA BATU
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko meresmikan program Desa Berdaya Desa Pandanrejo di Kecamatan Bumiaji, Selasa (28/12/2021) acara itu digelar di salah satu ikon pertanian Desa Pandanrejo yakni Lumbung Strawberry. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko meresmikan program Desa Berdaya Desa Pandanrejo di Kecamatan Bumiaji, Selasa (28/12/2021).

Acara itu digelar di salah satu ikon pertanian Desa Pandanrejo yakni Lumbung Strawberry.

Dewanti mendorong agar pengelola Desa Berdaya Desa Pandanrejo inovatif. Dalam sambutannya, pembangunan desa harus dilakukan dengan serius, melibatkan masyarakat demi kesejahteraan warga.

Program tidak sekadar program, tapi juga harus diisi dengan kegiatan positif agar manfaatnya terasa oleh masyarakat.

"Harus terus diisi dengan kegiatan untuk menarik wisatawan dan warga sekitar Kota Batu," ujar Dewanti, Selasa (28/12/2021).

Pemkot Batu juga membuka diri untuj dimintai bantuan. Terutama terhadap dinas-dinas terkait. Kerjasama dengan Pemkot Batu untuk memudahkan terlaksananya program.

"Mohon untuk bekerjasama dengan dinas-dinas terkait untuk menjadikan Desa Berdaya yang berkesan dan ikonik,” terangnya.

Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa timur (DPMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Zainal Mustafa menjelaskan bahwa kegiatan Desa Berdaya ini dilaksanakan untuk mengatasi pandemi. Program ini untuk 151 desa di Jawa Timur termasuk lima desa di Kota Batu.

Desa Pandanrejo merupakan salah satu dari Lima Desa di Kota Batu yang mendapatkan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Program Desa Berdaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Syarat mendapatkan BKK ini adalah desa yang sudah berstatus mandiri. Program ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi mengembangkan iconic desa hingga menguatkan branding desa.

Abdul Manan, Kepala Desa Pandanrejo menjelaskan bahwa Desa Pandanrejo mengembangkan ikon sebagai penghasil strawberry dan sebagai "Lumbung Strawberry".

"Dengan dijadikannya Desa Pandanrejo menjadi Lumbung Strawberry, semoga Pandanrejo Berdaya," kata Manan.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved