Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Kejari Kota Malang Berhasil Selamatkan Aset Pemkot Malang Senilai Triliunan Rupiah Selama Tahun 2021

Selama 2021, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang berhasil menangani 462 perkara pidana umum

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: isy
Kukuh Kurniawan/TribunJatim.com
Kepala Kejari Kota Malang, Zuhandi. 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Kukuh Kurniawan

SURYAMALANG.COM, MALANG - Selama 2021, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang berhasil menangani 462 perkara pidana umum serta satu kasus berhasil dilakukan restorative justice (penyelesaian perkara di luar jalur hukum atau peradilan).

Selain itu, bersama dengan Pemkot Malang dan Kantor BPN Kota Malang, Kejari juga menyelamatkan aset Pemkot Malang senilai Rp 2,8 triliun.

Kepala Kejari Kota Malang, Zuhandi, melalui Kasi Intel Kejari Kota Malang Eko Budisusanto mengatakan bahwa capaian tersebut merupakan kerja keras seluruh pihak.

"Untuk total aset yang diselamatkan senilai Rp. 2.774.001.520.267, dengan luas tanah 7.977.342 meter persegi dan terdapat 289 bidang tanah. Selain itu, Tim Aset Pemkot Malang berhasil membuatkan sertifikat sebanyak 1.309 lembar, untuk berbagai jenis aset," ujarnya kepada TribunJatim.com (grup SURYAMALANG.COM), Selasa (4/1/2022).

Dirinya juga mengatakan, bahwa Kejari Kota Malang juga aktif memberikan penyuluhan hukum, baik melalui siaran radio serta melalui sosial media resmi dari Kejari Kota Malang.

"Total ada 43 kegiatan terkait penyuluhan dan penerangan hukum. Kami juga sudah mendapatkan satu laporan terkait mafia tanah, dan sedang kami proses untuk penelaahannya dan penyelidikannya," bebernya.

Dirinya mengungkapkan, bahwa Kejari Kota Malang telah menyelematkan kerugian negara dengan mengeluarkan Surat Kuasa Khusus (SKK) kepada beberapa instansi, yakni satu SKK LPDB-KUMKM, delapan SKK PT Pegadaian (Persero) Kantor Area Malang, 38 SKK BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Malang, 11 SKK BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang dan 86 SKK Bapenda Kota Malang.

"Untuk nominalnya, total mencapai Rp 956.138.599. Itulah yang berhasil kami selamatkan, serta kami berhasil mengembalikan sebanyak 452 barang bukti (BB) dari berbagai perkara," tambahnya.

Selain itu, Kejari Kota Malang juga berhasil mengawal kasus kategori Pidana Khusus (Pidsus), yang terdiri dari dua perkara proses penyidikan dan tiga perkara dalam proses penuntutan (persidangan).

Perkara tersebut diketahui telah menyebabkan negara merugi hingga Rp 2,73 miliar.

Dirinya pun berharap seluruh capaian ini bisa terus ditingkatkan.

Nantinya bersama dengan jajaran pimpinan Kejari Kota Malang, akan menindak tegas berbagai proses hukum seperti mafia tanah.

"Kami akan terus melakukan peningkatan dan pembenahan, serta memberikan pelayananan prima kepada masyarakat pencari keadilan. Apabila masyarakat ingin konsultasi terkait permasalahan hukum, silahkan menghubungi kami melalui hotline 0811-3737-073," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved