Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Pembongkaran Pasar Besar Kota Batu Direncanakan Selesai Dua Pekan

Pembongkaran Pasar Besar Kota Batu ditargetkan akan selesai dalam dua pekan ke depan.

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Pembongkaran Pasar Besar Kota Batu diperkirakan rampung dalam dua pekan ke depan. Tampak sejumlah pintu gulung yang baru saja dikembalikan oleh pedagang di luar unit 1 dan 2. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pembongkaran Pasar Besar Kota Batu ditargetkan akan selesai dalam dua pekan ke depan.

Hal tersebut disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) KemenPUPR Dewi Arditarini saat berada di lokasi, Rabu (5/1/2022).

Setelah selesai dibongkar, pengerjaan pembangunan revitalisasi dimulai.

Rencananya, pembangunan mulai dikerjakan pada 18 Januari 2022. Saat ini, pembongkaran tengah dilakukan di unit 1. Sebelumnya, pembongkaran dilakukan di unit 5.

“Targetnya sesuai dengan yang dijanjikan oleh pemenang lelang bongkahan. 18 Januari 2022 nanti, baru akan ada pengerjaan revitalisasi,” katanya.

PT Sasmito sebagai pemenang tender akan memulai pengerjaan dari unit 1. Oleh sebab itu, kawasan barat pasar dibongkar terlebih dahulu.

Deputi Project Manager PT Sasmito Joko Suwarno menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan pekerjaan tanah terlebih dahulu seperti pembentukan bangunan, pemasangan pondasi, dan pengerjaan struktur.

Dalam pekerjaan tersebut, akan menurunkan setidaknya 250 pekerja. Jangka waktu revitalisasi yang memakan waktu sekitar 16 bulan secara teknis dianggap cukup oleh Joko.

“Akan ada percepatan pada pemasangan pondasi, setidaknya memakan waktu sekitar 2 bulan. Karena bangunan harus menyesuaikan dengan kontur tanah yang miring ini,” katanya.

Awal pengerjaan, akan difokuskan pada zona 1 hingga 3 terlebih dahulu. Joko mengatakan ingin segera membangun dan menyelesaikan pembangunan agar pedagang bisa segera berjualan kembali di pasar yang baru.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved