Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Raih Juara III, Siswa SMKN 3 Bikin Busana Terinspirasi Stasiun KA Malang-Bug Gluduk

"Kami mengangkat tentang Malang yaitu stasiun KA (Kereta Api) Malang dan Bug Gluduk dengan nama busana Spoorbrug Te Malang,"

surya/sylvianita widyawati
Tiga siswa kelas 13 Desain Fashion SMKN 3 Kota Malang dengan produk busana casual/ready to wear dengan teknik zero waste baru saja meraih juara III nasional di Kamp Kreatif Siswa SMK yang diadakan Kemendikbudristek, Rabu (5/1/2022). 

SURYAMALANG.COM|MALANG-Tim siswa SMKN 3 Kota Malang dari kelas 13 Desain Fashion (kelas 4 tahun) yaitu Iza Maulani, Nesya Audina S dan Laudza Atsila P meraih juara III diajang Kamp Kreatif Siswa SMK yang diadakan Direktorat SMK Kemendikbudristek.

Juara I diraih SMKN 1 Kendal dan juara II SMKN 2 Dumai Riau. 

"Prosesnya dimulai sejak September 2020 lalu," jelas Nesya pada suryamalang.com saat ditemui di sekolahnya, Rabu (5/1/2022). Tema kegiatannya adalah pembuatan busana ready to wear dengan teknik zero waste .

Artinya tidak ada sisa kain dalam pembuatan busana itu. Jika ada sisanya, mereka jadikan hiasan aplikasi di busana itu. 

"Kami mengangkat tentang Malang yaitu stasiun KA (Kereta Api) Malang dan Bug Gluduk dengan nama busana Spoorbrug Te Malang," jelas Iza Maulani.

Inspirasi dari stasiun diambil dari garis-garis di stasiun KA yang baru (timur).

Sedang dari Bug Gluduk mengambil motif segitiganya. Memang, lanjutnya, tidak nampak wujudnya di busana. 

Dua bangunan itu merupakan ikonik Kota Malang. Tapi inspirasinya diserap dari tempat itu untuk pemilihan motif kainnya. Kain garis-garis diambil dari bahan tenun.

Sebelum dinilai, peserta kamp diberi pelatihan-pelatihan. Seperti pembuatan pembuatan fashion ready to wear dengan teknik zero waste, memasarkan produk hasil fashion ready to wear dll. 

Mereka menyatakan mengetahui info lomba dari guru mereka. Pelatihan-pelatihan dilakukan lewat zoom sampai tiga bulan. Menurut Iza, kelebihan desain siswa SMKN 3 sudah digital.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved