Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Unisma Gandeng Empat Perguruan Tinggi di Jogjakarta, Termasuk UGM dan UNY

Kerjasama dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi ini dilaksanakan pada 4-5 Januari 2022 lalu, oleh masing-masing rektor.

Humas Unisma
Pimpinan Unisma dan UGM berfoto bersama saat kunjungan ke UGM untuk kerjasama. 

SURYAMALANG.COM|MALANG-Universitas Islam Malang (Unisma) menggandeng empat perguruan tinggi di Jogjakarta. Yaitu UGM, UIN Sunan Kalijaga, UII dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Kerjasama dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi ini dilaksanakan pada 4-5 Januari 2022 lalu, oleh masing-masing rektor.

 "Ini sebagai salah satu upaya yang dilakukan Unisma implementasikan MBKM untuk  mencapai IKU (Indikator Kinerja Utama). Kita perlu membangun jejaring dengan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, khususnyq di Jogjakarta," jelas Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi, Kamis (6/1/2022).

Menurutnya, UGM, UNY masuk dalam IKU level atas. UGM juga masuk peringkat universitas kelas dunia. Sedang UIN Sunan Kalijaga juga perguruan tinggi tertua dan nama besar serta melahirkan tokoh-tokoh terkenal.

Jejaring yang dibangunnya juga luas. Begitu juga dengan UII yang merupakan lembaga pendidikan tinggi tua dan papan atas. Serta memiliki jejaring dengan luar negeri yang banyak. 

"Bahkan sudah menawarkan bermitra untuk bekerjasama dengan Erasmus," tambahkan.

Dikatakan, nanti jika mahasiswa Unisma akan kuliah sana dan sebaliknya bebas biaya lagi. Ini bagian dari sinergitas. Sedang dalam bidang pengabdian masyarakat, khususnya mahasiswa, LPPM dalam menyingkronkan program-program termasuk event kapan mereka harus terjun ke lapang.

"Kemudian akan membuat semacam  prototipe atau model-model pelatihan yang sejalan dengan sejalan dengan MBKM," katanya. Misalkan membuat proyek-proyek independen, literasi di desa, inovasi bersama.

"Dengan kolaborasi antar perguruan tinggi pasti akan lebih cepat. Juga tidak menutup kemungkinan untuk join reset antar dosen. Atau sesama mhs utnuk menulis karya inovatif.

Termasuk penulisan jurnal, buku, internasional konferensi, seminar internasional dll. "Mereka (PT kerjasama) sangat semangat karena langsung bersinergi antar prodi," kesannya. Dari Unisma, selain rektor juga membawa wakil rektoe dan dekan untuk implementasi  kerjasama. 

Sedang rektor-rektor kerjasama menyampaikan menyampaikan gagasan strategis tridharma perguruan tinggi dengan berbagai keunggulan yang dimiliki masing-masing.

Direncanakan pada 11 Januari 2022 nanti akan ada kegiatan Forum Rektor Indonesia (FRI) di Unisma. Sampai saat ini yang sudah konfirmasi hadir sudah cukup banyak. Nanti akan diajak melihat fasilitas di Unisma dan akan ada MoU dengaj Universitas Indonesia (UI).

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved