Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Pertemuan Forum Rektor Indonesia di Unisma, PT Dituntut Memenuhi Kebutuhan Zaman

Pertemuan FRI (Forum Rektor Indonesia) dilangsungkan di Universitas Islam Malang (Unisma), Selasa (11/1/2022).

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Forum Rektor Indonesia (FRI) menyerahkan bantuan Rp 300 juta untuk Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang yang terdampak erupsi Gunung Semeru saat berkegiatan di Unisma, Selasa (11/1/2022). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pertemuan FRI (Forum Rektor Indonesia) dilangsungkan di Universitas Islam Malang (Unisma), Selasa (11/1/2022).

Di kegiatan itu juga dilangsungkan seminar nasional.'Strategi dan Inovasi Pengembangan Perguruan Tinggi Menuju Daya Saing Global'.

Acara itu dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Kegiatan ini sebagai bagian dari ikhtiar kami agar berdaya saing. Kampus merupakan pusat inovasi untuk mengatasi berbagai persoalan. Hal ini menuntut PT (Perguruan Tinggi) negeri dan swasta bergerak untuk memenuhi kebutuhan zaman," jelas Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi saat memberi sambutan.

Untuk berdaya saing global perlu banyak hal yang dipersiapkan.

Termasuk masuk pemeringkatan dunia. Sedang Ketua Umum FRI, Prof Ir Panut Mulyono MEng DEng IPU ASEAN Eng menyatakan, sebentar lagi masuk tahun ketiga pandemi Covid-19.

Karena kondisi itu, pengelola PT melaksanakan pembelajaran daring dan luring.

"Covid hadir sebagai disrupsi baru yang memberikan dampak luar biasa pada kehidupan," kata Rektor UGM ini.

Tapi disisi lain, ini mempercepat perubahan.

"Ini mengingatkan kita untuk bertindak inovatif. Selama pandemi, PT bekerja keras mengatasi disrupsi. Jutaan pendidik memakai teknologi digital.

Ini agak sulit dimulai ketika sebelum ada pembelajaran daring, katanya. Sedang adanga MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) diharapkan menjadi akselerator yang  harus didukung dengan berbagai dinamika.

Di acara itu, FRI memberikan bantuan Rp 300 juta untuk Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

Sedang Gubernur Jatim menyatakan sudah banyak peran perguruan tinggi saat pandemi dengan inovasinya. Seperti Gnose dari UGM dan robot-robot buatan Unesa dan ITS.

Sedang Ketua LL Dikti Jawa Timur wilayah VII Jatim Prof Dr Ir Suprapto DEA mengingatkan agar elit akademik tak hanya melakukan inovasi teknologi tapi juga inovasi di pendidikan.

Dikatakan, perkembangan inovasi teknologi di China sangat pesat. Pendaftaran patennya bisa mencapai 1 juta lebih dan bisa mengalahkan Amerika Serikat yang sekitar 600.000 sampai 700.000.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved