Breaking News:

UPDATE Gempa Bumi di Banten Magnitudo 6,6 Diikuti Gempa Susulan Hingga 5 Kali, Belum Ada Korban

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang

Editor: Dyan Rekohadi
BMKG
Titik Gempa bumi di Banten pada Jumat (14/1/2022) sore 

SURYAMALANG.COM - Gempa bumi di Banten yang terjadi hari ini,  Jumat (14/1/2022) tercatat diikuti hingga 5 kali gempa susulan.

Getaran gempa susulan masih cukup terasa , tercatat kekuatan gempa susulan dengan magnitudo susulan 5,7,

BMKG mengumumkan gempa bumi terjadi wilayah Selatan Banten pada  Jumat, 14 Januari 2022 pukul 16.05.41 WIB  merupakan  gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,6.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km.

"Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan di Kecamatan Munjul dan Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno melalui keterangan tertulis, Jumat (14/1/2022).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan terjadi lima gempa susulan, pasca gempa Banten.

BMKG mencatat gempa susulan terjadi hingga pukul 17.20 WIB.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved