Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

Penjelasan BMKG Soal Gempa Bumi di Surabaya Magnitudo 4,1 Pusat Getaran di Kawasan Bangkalan

Gempa bumi yang terjadi di Bangkalan dna dirasakan di Surabaya merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat patahan lokal RMKS Fault

Editor: Dyan Rekohadi
Instagram/@infobmkg
Titik gempa bumi di kawasan Bangkalan Madura. Gempa bumi pada Sabtu (15/1/2022) sore ini dirasakan oleh warga Surabaya 

SURYAMALANG.COM - Gempa bumi yang dirasakan di Surabaya dengan pusat gempa di kawasan Bangkalan Madura, hari ini, Sabtu (15/1/2022) telah dianalisa dan dijelaskan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG).

Hasil Analisa Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menunjukkan, wilayah Bangkalan diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,1. 

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes Djati Cipto Kuncoro, menjelaskan, episenter terletak pada koordinat 7.25° LS dan 112.92° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 Kilometer Tenggara Bangkalan, Jatim, pada kedalaman 14 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat patahan lokal RMKS Fault," ujarnya, Sabtu (15/1/2022).

Terkait dampak gempa, Djati menyebut berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Bangkalan, Juanda, Surabaya Timur, Surabaya Utara, dan Sumenep.

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga hari Sabtu, 15 Januari 2022 pukul 15.56 WIB, Hasil monitoring BMKG belum

Djati mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa.Ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id," tuntasnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved