Timnas Indonesia

Runner Up Piala Dunia 2018 Bakal Jadi Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Selanjutnya

Runner Up Piala Dunia 2018 Bakal Jadi Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Selanjutnya

Editor: Eko Darmoko
www.dw.com
Luka Modric, pemain Timnas Kroasia di Piala Dunia 2018. 

SURYAMALANG.COM - Kroasia, runner up Piala Dunia 2018, bakal menjadi lawan Timnas Indonesia selanjutnya dalam agenda FIFA Matchday.

Penunjukan Kroasia sebagai calon lawan Timnas Indonesia diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Federasi bahkan telah melayangkan surat resmi terkait agenda FIFA Matchday ke depan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Mochamad Iriawan sebelum menyaksikan pertandingan FIFA Matchday antara Indonesia melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (27/1/2022) malam.

Orang nomor satu di PSSI tersebut mengungkapkan, federasi mematok target Timnas Indonesia bisa menembus 150 besar Ranking FIFA tahun ini.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat memberikan sambutan di Hotel Ibis, Slipi, Jakarta Barat, 16 Januari 2022.
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat memberikan sambutan di Hotel Ibis, Slipi, Jakarta Barat, 16 Januari 2022. (BOLASPORT.COM/MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH)

Demi memenuhi target tersebut, federasi pun mengupayakan lawan yang lebih kuat dengan harapan mendompleng peringkat Indonesia.

Ada tiga negara yang diproyeksi jadi lawan Indonesia pada FIFA Matchday selanjutnya.

"Kami sudah bersurat ke Kroasia, Tajikistan, dan Uzbekistan, itu tim yang tinggi ranking FIFA-nya."

"Sehingga, poinnya akan cukup tinggi kalau kita bisa melakukan hal bagus," ujar pria yang biasa disapa Iwan Bule, dikutip SURYAMALANG.COM dari Kompas.com.

"Setahun ini sudah kami susun program-programnya karena target saya tahun ini kita bisa di atas 150," imbuhnya.

Pertanyaan tersebut sekaligus menjawab keresahan publik terkait lawan yang dihadapi Indonesia pada FIFA Matchday kali ini.

Sebab, federasi tampak melewatkan kesempatan mendulang poin di level internasional pada jeda kali ini dengan memilih Timor Leste sebagai lawan.

Akan tetapi, Mochamad Iriawan menjelaskan kembali duduk permasalahan mulai dari pembatalan melawan Bangladesh sampai berakhir ke Timor Leste.

Timnas Indonesia dalam laga persahabatan melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022).
Timnas Indonesia dalam laga persahabatan melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). (KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU)

Melalui pernyataan tersebut, dia mempertegas bahwa PSSI serius untuk memajukan sepak bola Indonesia.

"Jadi kita mencari tim-tim yang di atas, tapi kan ada keterbatasan."

"Ada protokol kesehatan di sini yang mengharuskan dua kali vaksin, karantina, dsb. Yang jelas programnya sudah ada," tegasnya.

Selain itu, pelaksanaan FIFA Matchday di Pulau Dewata Bali juga menjadi bagian program PSSI untuk meningkatkan performa Timnas Indonesia.

Sebab, pelatih Shin Tae-yong bisa memantau langsung dan memilih langsung pemain-pemain potensial yang diinginkan selama seri 4 Liga 1  2021 yang juga dilaksanakan di Bali.

"Kenapa pilih di sini? Karena Liga 1 diselenggarakan di Bali sehingga pemain-pemain yang ada di Liga 1 ada di sini, sehingga masuk pertimbangan efisiensi," pungkasnya.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved