Berita Malang Hari Ini

Sutiaji Ajak ASN Pemkot Malang Tingkatkan Literasi dan Administrasi Tata Usaha Negara, Ini Alasannya

Wali Kota Malang, Sutiaji mengajak setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan literasi dan administrasi Tata Usaha Negara (TUN)

Pemkot Malang
Sutiaji saat memberikan pengarahan pada acara Bimtek Pejabat Tata Usaha Negara (PTUN) di lingkungan Pemkot Malang tahun anggaran 2022 di Hotel Savana Malang pada Rabu (9/3/2022). 

Berita Malang Hari Ini

SURYAMALANG.COM | MALANG - Wali Kota Malang, Sutiaji mengajak setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan literasi dan administrasi Tata Usaha Negara (TUN).

Sutiaji mengatakan, bahwa TUN ini merupakan administrasi negara yang melaksanakan fungsi untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan baik di pusat maupun di daerah.

Hal ini harus dipahami oleh setiap ASN agar dapat menerbitkan keputusan TUN berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sekaligus guna menghindari konflik dan sengketa TUN dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

"Kuatkan sinergi dengan instansi terkait. Kuncinya adalah terus dan terus menguatkan literasi pemahaman kita terhadap aspek-aspek TUN sesuai tugas fungsi yang kita emban," kata Sutiaji saat memberikan pengarahan pada acara Bimtek Pejabat Tata Usaha Negara (PTUN) di lingkungan Pemkot Malang tahun anggaran 2022 di Hotel Savana Malang pada Rabu (9/3/2022).

Kepada setiap Pejabat TUN di lingkungan Pemkot Malang, Sutiaji berpesan agar selalu proaktif dalam mengembangkan pengetahuan dan menjalin komunikasi.

Dia juga menekankan agar Bagian Hukum Setda Kota Malang terus memfasilitasi peningkatan kapasitas dan melakukan pendampingan.

Hal ini dilakukan, guna meminimalisir terjadinya sengketa akibat timbulnya benturan kepentingan.

"Seperti kita ketahui bersama, berdasarkan misi ke-empat RPJMD 2018-2023 yang berbunyi memastikan kepuasan masyarakat atas layanan pemerintahan yang tertib hukum, profesional dan akuntabel. Maka Pejabat TUN di lingkungan Pemkot Malang dituntut untuk terus melakukan peningkatan literasi akan administrasi dan hukum yang saat ini dianggap sangatlah krusial untuk menghadapi semakin kompleksnya urusan pemerintahan," terangnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Malang, Suparno mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan PTUN khususnya ASN di tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

"Tentu segala upaya yang kita lakukan tak lebih dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kualitas aparatur pemerintahan, dengan harapan, profesionalisme aparatur pemerintahan terus meningkat, yang bermuara pada kualitas pelayanan kepada masyarakat," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved