Berita Surabaya Hari Ini

Surabaya, Batu, dan Kota Probolinggo Dapat Penghargaan dari Disperpusip Jatim

penghargan pada tiga daerah yaitu Kota Surabaya, Kota Batu dan Kota Probolinggo yang dinilai sangat memuaskan dalam hal pengawasan kearsipan

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: isy
fatimatuz zahro/suryamalang.com
Kepala Disperpusip Jatim Tiat S Suwardi memberikan penghargan pada tiga daerah yaitu Kota Surabaya, Kota Batu dan Kota Probolinggo yang dinilai sangat memuaskan dalam hal pengawasan kearsipan dalam gelaran ekspose hasil laporan atau audit pengawasan kearsipan eksternal (Lake) Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) kabupaten/kota se-Jatim di Hotel Swiis Billinn Surabaya, Kamis (17/3/2022). 

Berita Surabaya Hari Ini

SURYAMALANG.COM | SURABAYA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Jatim menggelar ekspose hasil laporan atau audit pengawasan kearsipan eksternal (Lake) Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) kabupaten/kota se-Jatim di Hotel Swiis Billinn Surabaya, Kamis (17/3/2022).

Acara yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut menhadirkan Kepala Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) di 38 kabupaten/kota se-Jatim.

Kepala Disperpusip Jatim Tiat S Suwardi menyampaikan, kegiatan pengawasan kearsipan yang menjadi tugas dan fungsi Disperpusip Jatim itu diselenggarakan untuk menjamin terselenggaranya kearsipan sesuai perundang-undangan.

Usaha tersebut dilakukan agar dapat memberikan kontribusi peningkatan mutu kearsipan, termasuk menjamin keselamatan arsip sebagai pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Mengingat, urusan kearsipan merupakan urusan wajib yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah," terangnya.

Untuk itu, sambung Tiat, penyelenggaraannya pun harus dan perlu diawasi.

Mengingat, hal pengawasan kearsipan memberi manfaat akan persepsi yang sama antara kearsipan kabupaten/kota dalam memenuhi hasil rekomendasi pengawasan kearsipan.

"Selain itu juga untuk memotivasi perangkat daerah sebagai pencipta arsip untuk menjamin ketersediaan arsip dalam mendukung bukti akuntabilitas kinerja instansi," jelasnya.

Ke depan, Tiat menginginkan agar lembaga kearsipan juga mampu menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya, yaitu sebagai lembaga pembina kearsipan, pengelola arsip, lembaga penyelamat arsip, pelestari dan pelayan informasi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved