Travelling

Tips Mengolah Sari Bunga Telang Jadi Minuman Sehat dan Kekinian

Bunga telang kerap diolah menjadi minuman seperti teh. Minuman yang berasal dari bunga telang ini bisa diseduh dalam kondisi panas maupun dingin.

Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Luthfi Husnika
Aurora Series khas Societe Cafe Citihub Hotel Kediri. Olahan minuman unik berbahan bunga telang yang dikemas kekinian. 

Laporan wartawan: Luthfi Husnika

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Bunga telang kerap diolah menjadi minuman seperti teh.

Minuman yang berasal dari bunga telang ini bisa diseduh dalam kondisi panas maupun dingin.

Untuk mengubah bunga telang menjadi minuman kesehatan yang banyak digemari, perlu melalui beberapa tahap, mulai dari pemilihan bunga telang hingga siap seduh.

Barista Societe Cafe Citihub Hotel Kediri, Gandy Arip menuturkan sebelum menjadikan bungan telang olahan minuman, tahap pemilihan sangat penting.

"Pertama mencari bunga telang dengan kondisi baik dan tidak ada bekas dimakan ulat, supaya lebih bagus hasilnya. Memperhatikan kualitas bunga telang mentah menentukan hasil minuman yang akan dibuat," ungkap Gandy Arip kepada SURYAMALANG.COM, Senin (28/3/2022).

Gandy meneruskan bagian yang nantinya akan dipakai adalah bagian kelopak bunga yang berwarna biru tua keunguan. Kelopak bunga dipisahkan terlebih dahulu dari batang dan daunnya.

Biasanya, bunga telang yang akan dipakai menyeduh teh haruslah yany sudah kering. Bunga telang bisa dikeringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

"Tapi perlu diingat soal higenisnya. Saat mengeringkan bunga telang jangan sampai terkontaminasi kotoran yang membahayakan kesehatan," ujar Gandy.

Bunga telang yang telah kering siap diseduh kapan saja. Untuk menjaganya tetap kering dan bagus, bunga telang kering bisa disimpan di dalam wadah yang tertutup rapat.

Bunga telang kering jika ingin diseduh menjadi minuman pun caranya gampang. Ambil beberapa bunga telang kering lalu letakkan dalam wadah bersih. Kemudian masukkan air panas mendidih dan rendam beberapa saat.

"Boleh sambil diaduk supaya sari dan warna telang bisa lebih keluar. Kemudian diamkan dulu beberapa menit, ampas bunga telang boleh dikeluarkan," papar Gandy.

Selaim diseduh dengan air panas di dalam wadah, bunga telang kering juga bisa langsung direbus bersamaan air panas hingga mendidih.

Jika menyukai rasa manis, minuman telang yang sudah siap bisa dicampur dengan gula ataupun madu. Takarannya sesuai selera masing-masing.

"Bisa juga dicampur dengan madu, lemon, jeruk atau buah-buahan lain supaya lebih kaya rasa," terangnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved