Berita Ponorogo Hari Ini

4 ASN Ponorogo Diduga Terlibat Korupsi Proyek Jalan Jenangan-Kesugihan

Polres Ponorogo menetapkan enam orang tersangka dalam kasus korupsi proyek jalan Jenangan-Kesugihan di Desa Nglayang, Kecamatan Jenangan

Editor: Zainuddin
KOMPAS IMAGES
Ilustrasi 

Laporan Wartawan: Sofyan Arif Candra

SURYAMALANG.COM, PONOROGO - Polres Ponorogo menetapkan enam orang tersangka dalam kasus korupsi proyek jalan Jenangan-Kesugihan di Desa Nglayang, Kecamatan Jenangan, Jumat (1/4/2022).

Enam tersangka proyek tahun 2017 tersebut terdiri dari empat Aparatur Sipil Negara (ASN), dan dua orang dari pihak swasta.

Enam tersangka tersebut adalah NHD sebagai PPK pada dinas PUPR Ponorogo, EP sebagai selaku pemenang lelang, FH sebagai pelaksana riil/sub kontraktor, S sebagai Ketua Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP), K sebagai Sekretaris PPHP, ME sebagai anggota PPHP.

Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyono Wibowo mengatakan korupsi tersebut menyebabkan kerugian sebesar Rp 1,3 miliar.

Korupsi tersebut diketahui saat hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) keluar dan menunjukkan ada selisih Rp 438 juta.

Dari temuan tersebut dilanjutkan dengan penyelidikan dan penyidikan oleh Polres Ponorogo pada tahun 2019, hasilnya ada kerugian negara lainnya sebesar Rp 940 juta.

"Pemenang lelang tidak menyediakan personil sesuai dokumen penawaran dan pengalihan pekerjaan ke saudara FH," kata Catur kepada SURYAMALANG.COM, Jumat (1/4/2022).

Sampai batas waktu yang ditentukan, pemenang lelang DK tidak mengembalikan kelebihan pembayaran tersebut ke kas daerah.

Akhirnya terungkap dari proyek senilai Rp 1,3 miliar ada selisih Rp 940 juta yang menyebabkan kerugian negara.

"Proyeknya adalah pekerjaan HRS Base dan pekerjaan pelebaran jalan," kata Catur.

Kasatreskrim Polres Ponorogo, AKP Jeifson Sitorus mengatakan ada perbedaan spek baik dari dokumen kontrak dan riil di lapangan.

"Pekerjaan tetap dilaksanakan ada perbedaan spesifikasi dari kontrak dan secara riil," kata Jeifson.

Polisi menyita dokumen perencanaan, dokumen kontrak, laporan administrasi proyek yang berisi laporan progress pekerjaan, dokumen pembayaran, dan dokumen serah terima hasil pekerjaan.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved