Tunjungan Plaza Surabaya Kebakaran

Pengelola Duga Sumber Api yang Membakar Tunjungan Plaza Surabaya Berasal dari Chiller AC

Direktur Marketing Pakuwon Group selaku pengelola Tunjungan Plaza Surabaya, Sutandi Purnomosidi ungkap versi lain penyebab kebakaran

Editor: isy
Luhur Pambudi/TribunJatim.com
Direktur Marketing Pakuwon Group selaku pengelola Tunjungan Plaza Surabaya, Sutandi Purnomosidi. 

Berita surabaya Hari Ini

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Direktur Marketing Pakuwon Group selaku pengelola Tunjungan Plaza, Sutandi Purnomosidi mengungkap versi lain penyebab kebakaran bangunan Tunjungan Plaza Surabaya 5, yang terjadi Rabu (13/4/2022) kemarin.

Pria berkaus hitam tersebut, menyebutkan api diduga bersumber dari sebuah komponen pendingin udara gedung atau Chiller AC dari sebuah Ruang Bioskop XXI.

Komponen yang terbakar tersebut, berlokasi di area outdoor atau rooftop yang berada di lantai 10 Gedung Tunjungan Plaza Surabaya.

Artinya, sumber api, yang digadang-gadang sejak awal bersumber dari area gerai restoran di lantai 5, tidak terbukti.

Dan, fakta adanya komponen bangunan yang terbakar hebat hingga rontok dari lantai 5 gedung hingga sempat diabaikan video ponsel warga saat kejadian.

Ternyata, merupakan fasad bangunan berbahan mudah terbakar yang kebetulan terdapat di lantai lima itu.

"Tidak ada satupun api yang berasal dari dalam mall. Dan tidak ada satupun tennant yang terkena dampak dari api. Justru yang terjadi, api dari luar yang berdampak ke fasad mall," katanya saat jumpa pers di Atrium Utama TP 3, Kamis (14/4/2022).

Kendati demikian, Sutandi bersyukur, berkat gerak cepat dari pemadam kebakaran pemkot, dan kru fire fighting Pakuwon Grup bersama aparat lainnya, termasuk dari kepolisian memblokir jalan.

Potensi rambatan api dapat segera diminimalisir, sehingga tidak lebih dari 20 menit kobaran api yang melahap bagian komponen fasat gedung, dapat dipadamkan.

"Api dalam waktu 15-20 menit, bisa dikendalikan, sehingga bisa mengurangi efek lebih jauh dari kondisi di TP 5," jelasnya.

Sejak pukul 08.30 WIB, tujuh orang anggota Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya, telah masuk ke dalam gedung untuk memulai proses investigasi guna menguak penyebab pasti kebakaran.

Mereka juga didampingi oleh anggota Satreskrim Polrestabes Surabaya dan juga Tim Bidang Humas Polda Jatim.

Hingga kini, dari depan gedung Tunjungan Plaza Surabaya, belum ada tanda-tanda bahwa proses investigasi tersebut akan rampung.

"Hari ini bisa berharap bisa diselesaikan pemeriksaan dari Labfor, dan segera kami bisa melakukan pembenahan, pembersihan dan pengeringan lokasi TP 5," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved