Berita Malang Hari Ini

Siswa SMP 2 YPK Bertukar Pantun Angkat Nilai Pendidikan Karakter RA Kartini

Peringatan Hari Kartini pada 21 April 2022 diperingati dengan berbagai cara.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Zainuddin
SMP 2 YPK Malang
Siswa SMP 2 YPK Malang memperingati Hari Kartini dengan bertukar pantun dan menyanyi dengan mengangkat tema nilai-nilai karakter RA Kartini dalam bukunya Habis Gelap Terbitlah Terang, Selasa (19/4/2022). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Peringatan Hari Kartini pada 21 April 2022 diperingati dengan berbagai cara.

Siawa kelas 7 dan 8 SMP 2 YPK Malang bertukar pantun bersama dengan mengangkat tema nilai-nilai pendidikan karakter RA Kartini dalam buku 'Habis Gelap Terbitlah Terang', Selasa (19/4/2022) bertempat di halaman sekolah.

Dari literasi surat surat yg ditulis Kartini, ada enam nilai karakter yaitu religius, suka membaca, peduli, kritis, pantang menyerah, toleransi.

Nilai nilai tersebut disampaikan lewat pantun. Sebelum itu, dinyanyikan lagu Rasa Sayange. Dan ada sebanyak 23 pantun yang disiapkan di kegiatan itu. Penyampaian pantun diiringi dengan alat musik tongkir.

Alat musik ini berasal dari Jawa Timur suaranya mirip suara jaranan.

Salah satu pantunnya yaitu

Pagi menghilang sore datang
Sebagai pertanda gantinya hari
Habis gelap terbitlah terang
Dengan datangnya Ibu Kartini.

"Tujuan kegiatan ini untuk mengingatkan kembali perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan hak–hak kaum wanita untuk memperoleh pendidikan."

"RA Kartini diakui sebagai tokoh emansipasi wanita, yang memperjuangkan kesetaraan peran wanita dan pria dalam kehidupan sehari-hari," kata Deasy Andayani SSi, Kepala SMP 2 YPK Malang, Selasa (19/4/2022) pada suryamalang.com.

Selain itu juga mengingatkan kembali jasa RA Kartini yang telah memperjuangkan wanita. Menurutnya, semangat juang Kartini ini patut dicontoh oleh seluruh siswa karena sosoknya sebagai salah satu tokoh yang memiliki kegigihan dan semangat yang tinggi untuk terus belajar meski ia wanita.

Sedang AMZ Supardono, guru PPKn SMP 2 YPK Malang menyatakan RA Kartini sosok yang ideal.

"Seorang wanita yang memiliki semangat yang kuat pada masanya, dinamis, mandiri, berintelektual tinggi, berwawasan modern, juga berjiwa sosial, nasionalisme dan rasa ketuhanan," jelasnya.

Karena pemikiran dan perjuangannya, maka Kartini adalah pelopor gerakan perempuan Indonesia, pendidik juga pelopor literasi. Nilai-nilai pendidikan karakternya muncul di bukunya.

Nilai nilai karakter RA Kartini sejalan dengan penerapan kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan secara bertahap mulai Tahun Ajaran 2022-2023 yaitu ingin mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved